Camat Ceper Supriyono, ketika ditemui di kantornya. (p.kus)

Ceper Tinggal 1 Desa Belum Selesaikan ABPDes

CEPER (BK).  Desa di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah  yang belum menyelesaikan anggaran belanja dan pendapatan desa (APBDes) tinggal satu desa. Ditargetkan akhir bulan April ini desa yang belum selesaikan APBDes sudah rampung.

Demikian dikatakan Camat Ceper Supriyono, ketika ditemui di kantornya,  Jumat (22/4) siang tadi. Menurutnya desa yang belum menyelesaikan APBDes adalah Desa Jombor. Menyinggung mengenai lambannya  penyusunan  APBDes  bagi desa-desa dikarenakan info dari pemerintah  yang lamban juga. Selain itu aturan yang berubah-ubah juga merepotkan bagi pemerintah desa.  Pengakuan para kades maupun perangkat desa merasa kerepotan menyusun APBDes.

Menurut Camat Supriyono kompensasi bagi para RT, RW, dan BPD sebaiknya ditentukan dari kabupaten. Sehingga pemerintah desa   tidak akan kesulitan menentukan besaran dana kompensasi bagi ketua  RT, ketua  RW, dan BPD. Karena kalau besaran kompesasi diserahkan pada desa,  mayoritas desa merasa kesulitan.  Bisa jadi besaran kompensasi bagi RT, RW, dan BPD tiap desa berbeda.  Dengan adanya perbedaan besaran dapat menimbulkan potensi kecemburuan sosial. Maka  besaran kompensasi    bagi  RT, RW, dan  BPD ditentukan dari pemerintah kabupaten.  Dan, lanjut Supriyono, besarnya kompensasi disamakan.

Adanya dana desa dan ketentuan alokasi dana desa (ADD) mulai tahun ini perlu pencermatan.  Karena   ada perubahan  aturan, maka  perlu menyesuaikannya. Tentunya akhir tahun perlu ada evaluasi penggunaan ADD. Harapan Supriyono penyusunan ABPDes  lancar dan sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *