Gelar Pasukan Pengamanan Natal & Tahun Baru Diikuti 1300-an Personil

BERITA KLATEN – Apel gelar pasukan pengamanan natal dan  tahun baru 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Garuda Komplek Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan diikuti kurang lebih 1300-an personil, Jumat (21/12/2018).

Peserta apel gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Senkom,  RAPI, ORARI, BANSER, Pramuka Saka Bhayangkara, dan ormas lainnya.

Bertindak sebagai Irup apel gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru 2019 Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi yang baru sekitar 2 pekan dinas di Polres Klaten. Sedangkan yang bertugas sebagai komandan apel gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru IPTU Pol Sarwoko.

Sambutan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dibacakan oleh AKBP Aries Andhi antara mengungkapkan operasi pengamanan natal dan tahun baru dinamakan operasi lilin 2018. Tujuan operasi lilin 2018 untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang merayakan Natal, dan menyambut tahun baru 2019. Kapolri melarang melakukan swiping oleh organisasi intoleransi. Namun bila ada yang menjual minuman keras tetap akan ditindak. Pengamanan natal dan tahun baru akan berlang selama 10 hari tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Namun ada 13 Polda prioritas yang pengamannya selama 12 hari mulai tanggal 21 Desember hingga tanggal 2 Januari 2019. Sebanyak 13 Polda prioritas adalah Sumatra Utara, Lampung, Banten, Metro Jaya,  Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Polri juga sudah menginventarisir  kerawanan teroris, dan tindakan yang intoleran.

Dalam kesempatan diwawancarai oleh wartawan, untuk wilayah Kabupaten Klaten keseluruhan akan menurunkan 1.300-an personil yang terdiri jajaran TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, dan ormas lainnya. Untuk Polri menurunkan sebanyak 630 anggota. Untuk petugas jaga di 187 gereja di Kabupaten Klaten setiap gereja ditempatkan sebanyak 2 orang polisi, 1 tentara, dan dari ormas lainnya. Untuk melakukan steril gereja yang besar seperti Gereja Katolik GMA dan Gereja Katolik lainnya akan dilakukan steril pada tanggal 23 Desember sore,  atau tanggal 24 Desember pagi atau siang.

Setelah Kapolres AKBP Aries Andhi selesai mengecek atau memeriksa  kendaraan operasi lilin 2018 kemudian melakukan pemusnahan minuman keras (Miras). Pemusnahan miras dilakukan oleh Aries Andhi, Sekretaris Daerah (Sekda) Joko Sawaldi, Dandim Klaten  Letkol Eko, dari Kejaksaan Negeri Klaten, dan pejabat lainnya.

Kasat Narkoba AKP Munawar pada wartawan mengungkapkan hasil operasi KKYD,  barang bukti yang diperoleh adalah  ciu sebanyak 276 liter, anggur merah 650 botol, anggur kolesom 46 botol, whisky 6 botol, bir bintang 98 botol, bir prost 8 botol, dan votka 3 botol. Munawar mengatakan operasi KKYD dimulai sejak bulan September hingga awal Desember ini.

Para tamu undangan yang hadir dalam apel gelar pasukan pengamanan Natal dan tahun baru antara lain Kadinas Perhubungan Slamet Widodo, Sekretaris Satpol PP Rabiman,  Sekretaris DKK Partopo, para camat, para Danramil, para Kapolsek,  dan tamu undangan lainnya. Kapolres Klaten Aries Andhi nampak menikmati situasi Lapangan Garuda di Komplek TWC Prambanan yang suasananya nyaman. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *