Targetkan Taman Museum Wonoboyo Th 2018 Sudah Operasional

BERITA KLATEN – Tahun 2018 Taman Museum Wonoboyo di Desa Wonoboyo Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah diharapkan sudah operasional sehingga dapat mensejahterakan warga Desa Wonoboyo.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Wonoboyo Supardiyono ketika ditemui di Kantornya, Jumat (23/2/2018) siang tadi. Menurutnya, pembangunan Taman Museum Wonoboyo pada tahap 1 ini sudah membuat  tiga buah kolam, namun belum disempurnakan, belum diaci. Lalu 1 kolam juga sudah dilengkapi dengan hiasan patung hewan. Ketiga kolam yang dibuat semua sudah ada airnya. Sehingga di area lokasi Taman Museum Wonoboyo sudah nampak indah. Untuk bangunan museum Wonoboyo tinggal memasang pintu dan jendela, serta menyelesaikan bagian tritisan Museum Wonoboyo. Pada pembangunan tahap 1 Taman Museum Wonoboyo biayanya mencapai Rp600 juta.

Untuk pembangunan tahap 2 ditargetkan membuat sarana mandi cuci dan kakus (MCK), kamar ganti sebanyak 3 lokal sesuai jumlah kolam. Untuk ruang tunggu juga akan dibuat dengan model gazebo yang akan dibangun di dekat kolam renang. Untuk menciptakan taman yang sejuk, di taman juga akan ditanami bunga-bunga yang beragam,  dan ditanam pohon buah jambu air merah dan hijau. Pohon jambu air akan ditanam di sebelah utara kolam.  Pohon-pohon jambu air nantinya dapat membuat rindang taman.

Kades Wonoboyo Supardiyono menuturkan, bila ruangan Museum Wonoboyo tidak lama lagi akan segera diisi replika emas. Bila Museum Wonoboyo sudah ada replika emas akan mengingatkan peristiwa penemuan emas di ladang sawah pada tahun 1990 yang berada di sebelah selatan Taman Museum Wonoboyo.

Harapan Supardiyono, bila Taman Museum Wonoboyo sudah operasional akan dapat menggerakan perekonomian warga Desa Wonoboyo. Bila sudah operasional maka akan membutuhkan tenaga kerja untuk mengelola Taman Museum Wonoboyo. Kemudian warga dapat jualan di Taman Museum Wonoboyo dengan mendirikan lapak. Supardiyono menegaskan bila Taman Museum Wonoboyo dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). Menurut Supardiyono kas desa yang dibangun jadi Taman Museum Wonoboyo setahun hanya mendapat hasil Rp 5 juta. Nantinya bila Taman Museum Wonoboyo sudah operasional akan meningkatkan PAD. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *