Pentas Jatilan Mengawali Peresmian Gedung Baru Kantor Kecamatan Karangnongko

BERITA KLATEN – Pentas seni tradisional jatilan di halaman Kantor Kecamatan Karangnongko mengawali peresmian gedung baru Kantor  Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jateng, Sabtu (23/2/2019) sore ini.

Kelompok seni Jatilan Mudo Budi Utomo dari Desa Kanoman yang jumlahnya anggotanya sekitar 70-an tampil untuk meramaikan peresmian gedung baru Kantor Kecamatan Karangnongko yang sudah selesai dibangun bulan Desember tahun lalu. Gedung baru Kantor Kecamatan Karangnongko sudah ditempati dua pekan lalu.  Para pemain jatilan Mudo Budi Utomo dari Desa Kanoman penuh semangat. Pemain jatilan terdiri kaum muda putra maupun putri, dan juga ada yang sudah dewasa. Kelompok Jatilan Mudo Budi Utomo dari Desa Kanoman terdiri dari para penari dan penabuh gamelan.

Penampilan penari yang atraktif dengan diiringi lagu-lagu daerah maupun lagu-lagu pop Indonesia, maupun lagu yang berirama dangdut. Dengan gerak-gerak yang atraktif para penari menyesuaikan dengan musik atau iringan gamelan jawa. Penampilan atau pentas jatilan di halaman Kantor Kecamatan Karangnongko ditonton oleh warga masyarakat Karangnongko. Ada kurang lebih 500-an orang yang menonton.

Camat Karangnongko Jaka Suprianto memberi apresiasi positip atas penampilan atau pentas kelompok seni Jatilan Mudo Budi Utomo dari Desa Kanoman. Ia berharap seni tradisional jatilan terus dilestarikan. Karena keberagaman seni budaya merupakan kekayaan di Negara Indonesia. Jaka Supriyanto juga mengatakan, malam nanti juga ada pentas ketoprak dengan lakon bumi warisan. Para pemain dari warga Kecamatan Karangnongko.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *