Bidik Prestasi SMPN 2 Prambanan Untuk Mencetak Siswa Berprestasi

BERITA KLATEN-Untuk mempersiapkan siswa kelas 9 menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Prambanan, Klaten,  Jawa Tengah memprogrankan bidik prestasi untuk mencetak siswa berprestasi.

Demikian diungkapkan Kepala SMP Negeri 2 Prambanan Andreas Kristanto ketika ditemui di ruang kantornya, Jumat (23/3/2018) siang tadi. Ia katakan program bidik prestasi dimulai pada awal Andreas Kristanto tahun 2016 mulai dinas di SMP Negeri 2 Prambanan selaku kepala sekolah. Pada waktu itu SMP Negeri 2 Prambanan pada posisi rangking 61 dari jumlah 65 SMP negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Klaten. Setelah diadakan program bidik prestasi yang dibantu oleh salah seorang guru bernama Ana sebagai bagian kurikulum akhirnya hasil ujian nasional mendapat rangking 50.

Lebih lanjut Andreas Kristanto mengatakan untuk tahun ajaran 2017/2018 ini jumlah siswa kelas 9 ada 95 anak. Dari jumlah siswa 95 diambil 24 siswa untuk  mengikuti program bidik prestasi. Sebanyak 24 siswa tersebut dibagi 2 rombongan belajar (rombel). Masing-masing rombel sebanyak 12 siswa. Siswa yang diikutkan program bidik prestasi diambil siswa yang mempunyai nilai baik memenuhi kriteria masuk program bidik prestasi. Kegiatan program bidik prestasi dimulai sejak semester 1. Mata pelajaran yang dilakukan untuk bidik prestasi adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.

Menjawab pertanyaan Berita Klaten mengenai target tujuan yang ingin dicapai adanya program bidik prestasi di SMP Negeri 2 Prambanan,  Andreas Kristanto mengatakan target diadakan bidik prestasi agar siswa SMP Negeri 2 Prambanan hasil ujiannya dapat nilai baik.  Sehingga siswa yang lulus  dapat masuk SMA atau SMK Negeri maupun swasta yang favorit. Selain itu peringkat SMP Negeri 2 Prambanan  akan terus meningkat.

Menurut Andreas Kristanto, siswa SMP Negeri 2 Prambanan lulusan tahun lalu banyak yang diterima di sekolah yang ada di Yogyakarta. Antara lain di SMK Penerbangan, SMK Kesehatan, SMK Muhammadiyah Klaten, dan SMA maupun SMK negeri lainnya. Obsesi Andreas Kristanto SMP Negeri 2 Prambanan dapat menjadi ikon di Prambanan. Untuk itu Andreas Kristanto menuturkan SMP Negeri 2 Prambanan bersemboyan (mempunyai motto) adalah semangat big dream, work hard, never give up, and always praying. Terjemahannya adalah berangan bermimpi besar, bekerja keras, dan tidak pantang menyerah juga dilandasi selalu rajin berdoa.

Andreas Kristanto pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) akan dilaksanakan pada awal bulan April yang akan datang. Sedangkan UNBK akan dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 26 April 2018 yang akan datang. Semua sarana prasarana untuk UNBK sudah lengkap. Meskipun ada laptop yang dipinjami oleh guru dan orang tua siswa. Jumlah komputer sekolah baru ada 35 unit laptop. Sekolah baru ada 15 komputer. Dipinjami guru sebanyak 19 unit, dan dari orang tua siswa ada 1 unit.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *