UNBK Tingkat SMP Di Klaten Diikuti Sebanyak 17752 Siswa

BERITA KLATEN-Peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) setingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah sejumlah 17752 siswa. Pelaksanaan UNBK berlangsung hari Senin s/d Kamis (23-26 April 2018).

Dari jumlah peserta UNBK tersebut rinciannya, untuk SMP Negeri jumlahnya ada 13413 siswa, SMP swasta ada 1821 siswa. Total siswa SMP negeri dan siswa SMP swasta yang mengikuti UNBK berjumlah 15234 siswa. Sedangkan dari MTS swasta ada 556 siswa, dan dari MTS negeri ada 1962 siswa, jumlah total dari MTS negeri dan swasta 2518 siswa. Maka total  jumlah keseluruhan peserta UNBK setingkat SMP ada 17752 siswa.

Pantauan Berita Klaten hari pertama pelaksanaan UNBK di Kabupaten Klaten berjalan lancar meskipun pada awal ada SMP Negeri yang server belum tersambung dengan pusat. Namun tidak makan waktu lama sudah dapat tersambung. Untuk SMP negeri sebagian besar pada pelaksanaan UNBK disediakan ruang transit untuk mempersiapkan siswa yang akan masuk dalam ruang laboratorium.  Dalam ruang transit siswa akan dilakukan pengecekan. Bila dalam ruang transit ada siswa yang belum datang pihak sekolah akan menghubungi orang tua siswa. Di dalam ruang transit siswa juga diberi motivasi agar siswa mengerjakan soal UNBK secara jujur. Selain itu ada beberapa SMP juga melakukan penajaman mata pelajaran yang diujikan  pada para siswa.

Pada hari pertama pelaksanaan UNBK, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sunardi, dari Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, juga pejabat lainnya melakukan kunjungan atau pantauan di SMP Negeri 1 Karanganom, SMP Negeri 1 Delanggu, dan SMP Negeri 4 Delanggu.

Kepala Dinas Pendidikan Sunardi menyampaikan pesan pada siswa kelas 9 (kelas 3 SMP) dalam menghadapi UMBK agar menjaga kesehatan. Selain menjaga kesehatan para siswa diminta untuk mempersiapkan dengan belajar yang baik. Agar siswa bisa mendapat nilai baik. Sunardi juga minta pada orang tua siswa agar ikut memotivasi putranya yang sedang mengikuti UNBK.

Menurut Sunardi, meskipun UNBK tidak menjadi syarat kelulusan tetapi UMBK wajib diikuti siswa kelas 9. Bila nilai UNBK baik menunjukan prestasi baik bagi siswa. Maka dalam mengerjakan soal UNBK siswa agar mengerjakan serius. Sehingga siswa mendapat nilai baik. Bila mendapat nilai baik, dapat mengangkat prestasi siswa dan sekolahnya.

Salah seorang siswa SMP Negeri 1 Prambanan bernama Daffa Nur MYP menjawab pertanyaan Berita Klaten mengenai kesiapan menghadapi UNBK ia mengatakan sudah siap. Ia berharap mata pelajaran Bahasa Indonsia yang diujikan pada hari pertama dapat nilai baik. Dan mata pelajaran lainnya juga dapat nilai baik.

Jadwal pelaksanaan  UNBK hari Senin Bahasa Indonesia, hari Selasa Matematika, hari Rabu Bahasa Inggris, dan hari terakhir Kamis mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sekretaris panitia pelaksanaan UNBK Kabupaten Klaten Lasa, pada Berita Klaten mengatakan ujian nasional susulan akan dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 9 Mei 2018. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *