Laci meja bendahara gaji yang dirusak oleh pencuri. Namun tidak ditemukan uang. (p.kus)

Kantor TU SMP Negeri 2 Prambanan Dibobol Pencuri

PRAMBANAN (BK). Ruang Kantor Tata Usaha (TU) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Prambanan daun jendela bagian ruang kepala TU dibobol pencuri. Ketahuan oleh Titut penjaga  malam SMP Negeri  2  Prambanan, Minggu (22/5) sekitar pukul 20.45.

Demikian disampaikan Andreas Kristanto selaku Kepala SMP Negeri 2 Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Berita Klaten lewat telepon genggamnya. Ia menduga orang yang berusaha mencuri di kantor  TU masuk lewat sungai di belakang sekolah, karena pagar tembok yang ada di belakang SMP Negeri 2 Prambanan roboh. Sehingga memudahkan akses untuk  masuk ke lokasi SMP Negeri 2 Prambanan.  Dengan robohnya pagar tembok di bagian timur dan bagian barat orang yang akan berbuat jahat mudah untuk masuk ke SMP Negeri 2 Prambanan.

Menurut Andreas Kristanto, kronologi ketahuan adanya pencuri masuk ke SMP Negeri 2 Prambanan awal yang mengetahui adalah Titut.  Titut waktu itu mengontrol kondisi sekolah dengan mengelilingi gedung SMP Negeri 2 Prambanan.  Sesamapainya di kantor guru, kemudian ia menengok  ke ruang kantor  TU. Terus  ia   mendekat ke kantor TU  melihat jendela bagian kepala TU Sukardji  kondisi jendela   telah terbuka karena dibobol. Selanjutnya  Titut menghubungi teman penjaga sekolah Timbul dan juga menghubungi  salah seorang guru Muchtar. Tidak lama  kemudian Muchtar  dan beberapa orang  guru datang di sekolah. Kemudian mereka masuk di ruang kantor TU.  Meneliti seluruh meja di kantor TU, ketika mengamati laci meja Yuni sebagai bendahara gaji, mereka terkejut karena laci meja dirusak. “Barangkali perkiraan pencuri di laci tersebut tempat untuk menyimpang uang. Yang jelas di meja bendahara sudah tidak ada uang. Diteliti terus nampaknya pencuri tidak lewat pintu. Tetapi dengan mancit meja atau kursi terus  masuk ke ruang koperasi. Di ruang koperasi sekolah pencuri mengambil puluhan bolpoin dan uang sekitar Rp 1 juta,”kata Andreas Kristanto.

Andreas Kristanto menuturkan ketika kantor TU ketahuan dibobol pencuri  ia sedang melakukan perjalanan ziarah ke Goa Maria Marganingsih Bayat.  Saat itu dia dihubungi  oleh Mochtar sedang dalam perjalanan.  Oleh karena itu Andreas Kristanto merasa  terkejut  adanya  pencurian di SMP Negeri 2 Prambanan. Maka  ia terus memerintahkan agar kondisi ruang jangan dirubah-rubah.  Pengakuannya, ia  sudah ada firasat tidak enak perasaan.  Rencana dia mau tidur di sekolah menemani penjaga malam sekolah. Dugaan Andreas Kristanto pencuri beraksi Minggu (22/5)  sekitar pukul 20.00 waktunya setelah sholat Isak.

Menurut Andreas  kejadian pencurian di SMP Negeri 2 Klaten sudah dilaporkan ke Polsek Prambanan  Klaten pada Senin (23/5).  Oleh anggota Polsek  Prambanan laporan adanya pencurian di SMP Negeri 2 Prambanan sudah ditindaklanjuti dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penyelidikan.

Keprihatian yang dirasakan oleh Andreas Kristanto adalah pagar tembok bagian belakang SMP Negeri 2 Klaten sisi timur yang telah roboh setahun lalu.  Dan pagar tembok sisi sebelah barat  juga telah roboh karena sungai di belakang SMP Negeri 2 Prambanan banjir  pada bulan Maret lalu. Sehingga praktis orang yang akan berbuat jahat masuk ke SMP Negeri 2 Prambanan dari belakang tidak ada hambatan. Maka dugaan kuat menurut Andreas Kristanto pencuri masuk ke SMP Negeri 2 Prambanan lewat belakang  menyeberang kali.

Pagar tembok sisi barat di belakang SMP Negeri 2 Prambanan yang roboh bulan Mei lalu. (p.kus)
Pagar tembok sisi barat di belakang SMP Negeri 2 Prambanan yang roboh bulan Mei lalu. (p.kus)

Dalam kesempatan mendengarkan paparan kekerasan seksual pada anak di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (23/5), Andreas Kristanto  sudah melaporkan mengenai pagar tembok di belakang SMP Negeri 2 Prambanan yang telah roboh. Ia dengan penuh kerendahan hati mohon pada Bupati Klaten Hj Sri Hartini agar pagar  tembok di belakang sekolah segera  diperbaiki. Karena, lanjut Andreas Kristanto ini demi keamanan lokasi SMP Negeri 2 Prambanan. Ia sangat berharap pada Hj Sri Hartini.

Lokasi SMP Negeri 2 Prambanan merupakan lokasi  yang terpencil. Jauh dari perkampungan.  Letaknya berbatasan dengan  wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena lokasinya yang jauh dari perkampungan sehingga perlu mendapat perhatian bagi para pejabat yang terkait. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *