SMP Kristen 1 Klaten Layak Diperhitungkan

BERITA KLATEN-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen 1 Klaten, di Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah kecuali pendidikan akademisnya maju, para siswanya juga dibekali ketrampilan. Karena itu SMP Kristen 1 Klaten layak diperhitungkan.

Ketika SMP Kristen 1 Klaten menyelenggarakan open house bertajuk Krista Gracia Edu Fair di kompleks SMP Kristen 1 Klaten,  Sabtu (24/3/2018) tadi para siswa menampilkan ketrampilannya di hadapan para pengunjung. Siswa yang trampil main seni musik, seni barongsai menampilkan kebolehannya di hadapan pengunjung para siswa SD.  Para siswa SD yang hadir adalah siswa kelas VI.  Para siswa kelas VI SD dibentuk kelompok-kelompok didampingi 1 orang siswa SMP Kristen 1 Klaten. Kemudian masing-masing kelompok diajak keliling untuk melihat stand-stand para siswa SMP Kristen 1 Klaten. Stand para siswa SMP Kristen 1 Klaten antara lain multi media, studio musik, robot cop, ketrampilan membatik, KIR, ruang komputer untuk UNBK, stand berlatih tari, dan lainnya.

Para siswa kelas VI SD yang diajak keliling untuk melihat stand-stand di SMP Kristen 1 Klaten nampak senang dan antausias. Mereka mengamati penuh seksama di stand multi media dan stand robot cop.  Di stand multi media ada beberapa siswa kelas VI SD yang mengoperasikan laptop. Para siswa kelas VI SD nampak semangat dan gembira ketika keliling untuk melihat stand-stand para siswa SMP Kristen 1 Klaten.

Para siswa kelas VI SD yang hadir dalam kegiatan open house di SMP Kristen 1 adalah dari SD Speak First Klaten, SD Kristen 3 Klaten, SD Kristen 2 Klaten, SD Kristen Manisrenggo, dan seorang siswa dari SD Negeri Gadungan. Para siswa SD tersebut menambah kemeriahan pelaksanaan open house di SMP Kristen 1 Klaten bertajuk Krista Gracia Edu Fair.

Penyelenggaraan open house di SMP Kristen 1 Klaten dibuka oleh Sutanto selaku Ketua Yayasan Pendidikan Kristen Klaten. Dalam sambutannya, Sutanto antara lain mengungkapkan diselenggarakannya open house bertujuan untuk mengenal lebih dekat SMP Kristen 1 Klaten. Sehingga para siswa kelas VI SD akan mengetahui lebih jelas keberadaan SMP Kristen 1 Klaten. Sutanto juga menuturkan, di SMP Kristen 1 Klaten tidak hanya memberi pelajaran ilmu pengetahuan, tetapi juga memberi pendidikan  kharakter pada siswa.  Para siswa SMP Kristen 1 Klaten juga diberi pemahaman budaya dan keberagaman yang ada di Negara Indonesia. Sehingga para siswa SMP Kristen 1 Klaten diajak menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prinsip di SMP Kristen 1 Klaten adalah menghargai keberagaman. “Pendidikan di SMP Kristen 1 Klaten tidak hanya memberi ilmu, tetapi juga memberi hati,”jelas Sutanto.

Kepala SMP Kristen 1 Klaten Kuncoro  di sela-sela pelaksanaan open house pada wartawan mengatakan penyelenggaraan open house bertujuan memperkenalkan SMP Kristen 1 Klaten pada para siswa kelas VI SD yang ikut hadir dan pada masyarakat Klaten. Menjawab pertanyaan wartawan mengenai beaya untuk operasional SMP Kristen 1 Klaten, Kuncoro mengatakan mencari terobosan pada sponsor.  Selain itu tarikan SPP pada orang tua siswa juga dilakukan. “Namun tarikan SPP diperlakukan secara subsidi silang.  Besaran tarikan SPP pada orang tua siswa berdasar kemampuan,”ungkap Kuncoro menjelaskan. (ksd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *