Festival Gethek Di Rowo Jombor

Tradisi syawalan di Rowo Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah juga diramaikan dengan penyelenggaraan Festival Gethek di lokasi Rowo Jombor, Kamis (23/7). Festival gethek diikuti sekitar 50-an peserta.

Festival gethek yang dimulai sekitar pukul 10.00 disaksikan sekitar 200-an penonton. Para pejabat Muspida Kabupaten Klaten dan jajarannya setelah mengikuti pembukaan Grebeg Syawal di bukit Sido Guro kemudian menyaksikan lomba atau festival gethek di Rowo Jombor. Asisten Bupati bagian pembangunan Purwanto AC sempat memimpin perlombaan gethek.

Perlombaan atau festival gethek, setiap gethek dinaiki oleh dua orang. Setiap angkatan lomba ada lima gethek. Untuk menjalankan gethek didayung menggunakan tangan. Sehingga ketika mendayung gethek diperlukan kondisi badan yang feet.

Yang merangsang untuk bersemangat mengikuti lomba gethek juga lomba menangkap itik di Rowo Jombor. Bagi peserta lomba gethek yang dapat menangkap itik akan mendapatkan uang sebanyak Rp 300 ribu. Ketika berlangsung lomba gethek dan diteruskan menangkap itik mendapat perhatian pengunjung. Pengunjung syawalan di Rowo Jombor nampak antausias melihat lomba gethek dan lomba menangkap itik di Rowo Jombor.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *