Masuk Ruang UNBK Siswa SMKN Gantiwarno Apel Dulu

BERITA KLATEN – Untuk memasuki ruang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) siswa SMK Negeri Gantiwarno harus apel di lapangan lebih dahulu.

Demikian dituturkan Sihono, selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Gantiwarno di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ketika ditemui di kantornya, Senin (25/3/2019) pagi. Tujuan apel lebih dahulu agar siswa dalam menghadapi UNBK selalu siap.

Sihono yang bekerja tinggal sekitar 4 bulan lagi, pada bulan Agustus yang akan datang Sihono sudah memasuki pensiun.  Namun meski tinggal 4 bulan bekerja Sihono masih semangat untuk mempersiapkan generasi muda menjadi yang tangguh. Maka ia juga masih akan mempersiapkan pendaftaran peserta didik baru.

Menghadapi ujian tahun ini,  seperti biasanya yang sudah-sudah siswa kelas 12 disiapkan dengan menambah tutorial di luar jam pelajaran.  Selama ini tutorial diberikan pada hari Sabtu. Kegiatan tutorial ini untuk mempersiapkan siswa yang akan menghadapi ujian.

Siswa kelas 12 SMK Negeri Gantiwarno yang mengikuti UNBK ada 275 siswa. Dari jumlah 275 itu meliputi program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Tata Busana. Siswa SMK Negeri Gantiwarno benar-benar disiapkan untuk siap bekerja. Karena itu Sihono mengungkapkan sudah melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Lebih lanjut Sihono mengatakan, kebiasaan melatih mental dan melatih phisik siswa sudah dilakukan sejak masuk sebagai siswa baru hingga kelas 11. Kemudian setelah kelas 12 juga dibiasakan olah raga untuk mempersiapkan siswa bila sudah lulus untuk masuk dunia kerja yang perlu phisik kuat.

Untuk kelulusan siswa, Sihono mempersiapkan siswa dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)  dalam ujian berstandar nasional (USBN)  adalah 7,5. Nilai 7,5 ini merupakan target capaian siswa. Dikatakan USBN akan dilaksanakan setelah selesai UNBK. Kemudian juga akan diadakan uji kompetensi keahlian dimulai pada tanggal 11 April 2019. Hari pertama UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menurut beberapa siswi Bahasa Indonesia ini ada soal yang sulit. Jadwal hari ke-2 Matematika,  hari ke-3 Bahasa Inggris, dan hari ke-4 Teori Kejuruan . Di SMK Negeri Gantiwarno UNBK diselenggarakan 3 sesi. Untuk pengawas UNBK ini dilakukan silang penuh. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *