Rowo Jombor sudah banyak ditumbuhi eceng gondok. (p.kus)

Gotong Royong Bersihkan Eceng Gondok Rowo Jombor

BAYAT (BK). Tumbuhan  eceng gondok di Rowo Jombor akhir-akhir  ini sudah penuh. Karena  itu Pemkab Klaten akan mengadakan gotong royong membersihkan Rowo Jombor dari  tumbuhan jenis eceng gondok, Sabtu  (28/5)  besuk lusa.

Menurut Camat Bayat Edy Purnomo, persiapan untuk bersih-bersih mengambili tumbuhan  eceng gondok di Rowo Jombor sudah dilakukan di ruang B1 Pemkab Klaten.  Gotong royong  membersihkan eceng gondok di Rowo Jombor, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah, akan melibatkan  relawan-relawan dari beberapa organisasi yang ada di Klaten.

Untuk mengambil tumbuhan eceng gondok rencana menggunakan beberapa prahu karet dan gethek. Tumbuhan eceng  gondok menurut beberapa orang   relawan akan  diolah untuk pakan ternak maupun  untuk membuat pupuk organik.  Kegiatan pembersihan tumbuhan eceng gondok di Rowo Jombor ini  mengacu  instruksi dari Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Joko Sawaldi. Apalagi ini momentum menjelang  Bulan Ramadhan, dan tidak lama lagi perayaan Syawalan  akan datang.  Karena itu pada waktu perayaan Syawal kondisi Rowo Jombor sudah bersih dari tumbuhan eceng gondok.

Kondisi Rowo Jombor  sekarang  sudah banyak tumbuhan  eceng gondok. Menurut  beberapa orang desa Krakitan,  Kecamatan Bayat, tumbuhan eceng gondok di Rowo Jombor  mencapai kurang lebih 75%.  Maka karena  itu niatan untuk membersihkan eceng gondok di Rowo Jombor. Edy Purnomo mengatakan untuk gotong royong membersihkan  tumbuhan eceng gondok di Rowo Jombor  melibatkan  relawan cukup banyak. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *