TMMD Di Tijayan Melestarikan Tradisi Gotong Royong Membangun Desa

BERITA KLATEN – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2019 di Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jateng adalah untuk melestarikan budaya gotong royong dalm membangun desa. Kegiatan TMMD di Desa Tijayan berlangsung mulai tanggal 27 Pebruari  s/d 29 Maret 2019.

Dalam kegiatan TMMD di Desa Tijayan menurut laporan yang disampaikan oleh Perwira Pelaksana Kapten Cpt Tri Joko dalam upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2019 di Lapangan Desa Kacemen, Selasa (25/2/2019) pagi tadi. Dalam laporannya Tri Joko menyampaikan rencana pembangunan betonisasi sepanjang 600 meter, lebar 3 meter. Pembangunan talut 600 meter. Rehab rumah sejumlah 10 unit. Pembangunan jamban 5 rumah. Perbaikan rehab rumah ibadah ada 1.

Kemudian kegiatan TMMD yang bukan pembangunan phisik adalah penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara. Penyuluhan peran polisi dalam babinkamtibmas. Penyuluhan mengenai narkoba, kemudian mengenai sertifikasi tanah dan permasalahannya. Penyuluhan mengenai radikalisme dan penyimpangannya, penyuluhan keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja, penyuluhan perlindungan anak dan kekerasan lingkungan.

Dalam TMMD ada giat khusus ialah bazar murah, baksos pelayanan keluarga berencana, pengobatan gratis, pelayanan akta dan KTP gratis, dan pelayanan pajak  kendaraan, dan perpanjangan SIM.

Diharapkan setelah selesainya TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2019 akan melancarkan transpotasi, meningkatkan perekonomian, membuka akses jalan, semangat untuk melestarikan gotong royong.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2019 yang diselenggarakan di lapangan Desa Kacemen bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Inf Gofar, dan Inspektur Upacara adalah Bupati Hj Sri Mulyani. Peserta upacara TMMD tersebut adalah  anggota Kodim 0723 Klaten,  Dishub Klaten, dari Polres Klaten, Hansip, Ormas, Pelajar SMK dan SMP, Pramuka,  dan lainnya.l

Dalam upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2019 Bupati menyerahkan alat kerja berupa cangkul pada peserta upacara yang ditunjuk. Kemudian menandai dibukanya TMMD di Desa Tijayan dengan memukul kentongan. Selesai upacara Bupati Hj Sri Mulyani  berkeliling meninjau bazar murah. Selesai di lapangan Desa Kacemen kemudian ramah tamah di Kantor Desa Tijayan.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *