Lulus SMK Negeri 3 Klaten Siswa Siap Berwira Usaha

BERITA KLATEN-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Klaten menargetkan kelulusan 100%, namun siswa yang sudah lulus sebanyak  85% dapat berwira usaha. Sedangkan sebanyak 15% siswa yang telah lulus melanjutkan kuliah.

Demikian diungkapkan Kepala SMK Negeri 3 Klaten Narimo, ketika ditemui di kantornya, Senin (26/3/2018) tadi pagi. Lebih lanjut dikatakan, siswa kelas 12 SMK Negeri 3 Klaten, di Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah jumlahnya ada 321 siswa. Rinciannya,  program keahlian Kecantikan (KC) Kulit ada 28 siswa,  program keahlian KC Rambut 31 siswa, program keahlian Tata Boga 103 siswa, program keahlian Tata Busana ada 96 siswa, dan untuk program keahlian Perhotelan ada 63 siswa.

Narimo menegaskan sekolah menengah kejuruan tentunya mempersiapkan para siswanya untuk siap bekerja. Maka bagi SMK Negeri 3 Klaten mempersiapkan semua siswanya untuk trampil bekerja setelah lulus. Bagi siswa yang mengambil program keahlian Tata Boga, Tata Busana, dan program Kecantikan diharapkan siap untuk bekerja atau dapat berewira usaha yang dapat menciptakan lapangan kerja. Sedangkan bagi siswa yang mengambil program keahlian perhotelan siap terampil bekerja di hotel. Karena kalau untuk membuka usaha perhotelan membutuhkan dana yang besar.

Untuk mempersiapkan siswa kelas 12 yang akan menghadapi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang sekarang masih berlangsung,  dan ujian nasional berbasis komputer (online) dari pusat, menurut Narimo sekolah memberi penambahan jam pelajaran sejak bulan Januari lalu. Materi pelajaran yang jam pelajaran ditambah adalah Teori Produksi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,  dan mata pelajaran Matematika. Siswa SMK Negeri 3 Klaten sejak awal sudah ditanamkan motto untuk sikap jujur dan sukses.  Sikap jujur dan sukses dimotivasikan pada siswa untuk mengerjakan ulangan harian, ujian mit semester, ujian semester, USBN dan UNBK. Semua mata pelajaran sudah menanamkan pada siswa.

Menyinggung menngenai UNBK yang akan dilaksanakan mulai Senin, tanggal 2 April yang akan datang untuk semua sarana perlengkapan sudah siap. Laboratorium komputer ada 3 ruangan. Ruangan transit siswa sebanyak 3 juga sudah dipersiapkan.  Untuk jaga-jaga bila lampu mati (oglang) juga sudah dipersiapkan jenset dengan menyewa. Sehingga harapan Narimo pelaksanaan UNBK lancar. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *