HUT Ke-215 Kabupaten Klaten Hibur Masyarakat Klaten

BERITA KLATEN – Momentum hari ulang tahun ke-215 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, warga masyarakat Klaten akan dihibur dengan beberapa kegiatan. Masyarakat Klaten diharap dapat menikmati penuh suka cita.

Demikian diungkapkan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani pada para wartawan yang bertugas di Kabupaten Klaten, dalam jumpa pers di Cafe Tengah Sawah di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jumat (26/7/2019) pagi. Dalam kesempatan jumpa pers yang dihadiri 40-an orang wartawan dari media cetak, tv, radio, maupun media online. Bupati Sri Mulyani berpesan pada para wartawan agar memblockup kegiatan warga masyarakat Kabupaten Klaten dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-215.

Kegiatan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-215 sudah dimulai beberapa hari lalu. Ada lomba pemilihan mbak dan mas Klaten, festival ketoprak yang diikuti seluruh kecamatan se Kabupaten Klaten, jumlahnya 26 kecamatan. Pentas wayang kulit pada Sabtu malam pekan lalu. Untuk meramaikannya juga ada pentas ketoprak kolosal pemainnya para pejabat Pemkab Klaten, pelajar, dan seniman-seniman Klaten. Juga akan ada lurik karnival pada tanggal 4 Agustus, juga ada siaran inbox SCTV, dan hiburan lainnya.

Upacara HUT ke-215 Kabupaten Klaten yang akan diselenggarakan pada Minggu (28/7/2019) lusa di Alun-alun Klaten juga akan mengundang orang-orang Klaten yang sukses di rantauan. Prosesi jelang upacara di Alun-alun Klaten diawali dari rumah dinas Bupati Klaten. Prosesi menuju Alun-alun Klaten akan naik andong/kereta kuda. Di Alun-alun Klaten seusai upacara HUT Kabupaten Klaten akan ada kirab tumpeng jumlahnya ada 215.  Dalam kesempatan kirab tumpeng masyarakat Klaten akan diajak makan bersama dengan para pejabat Pemkab Klaten, dan para tamu undangan. Juga diadakan cembrengan manjat bambu, bukan pohon pinang. Upacara HUT ke-215 Kabupaten Klaten semuanya bernuansa kejawen. Pakaian yang dikenakan para peserta upacara adalah pakaian kejawen, serta aba-aba juga menggunakan Bahasa Jawa.

Pada ulang tahun ke-215 Kabupaten Klaten ini kurun waktu dari tahun 2017-2019 Kabupaten Klaten dapat prestasi/ penghargaan Bupati Klaten dan Pemkab sebanyak 28 kali. Sebagian penghargaan adalah penghargaan kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam anugerah pers Jawa Tengah tahun 2019 kategori  tokoh bidang pemerintah. Kemudian penghargaan kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani sebagai top pembina BUMD 2019 dari majalah Top Bisnis. Juga dapat piala penghargaan dari Gubernur Jateng kepada Hj Sri Mulyani sebagai bupati pelopor inovasi daerah tahun 2017. Juga membuat varietas unggul padi rojolele yang dinamai beras sinuk dan beras sinar.

Jumpa pers yang diselenggarakan di cafe tengah sawah Desa Jomboran menyertai Bupati Klaten Sri Mulyani antara lain Asisten I Bupati dr Ronny Roekmito, Kepala Komenfo Amin Mustofa, Kabag Humas Wahyudi Martono, dan pejabat lainnya. Selesai jumpa pers diakhiri foto bersama di taman Cafe Tengah Sawah Desa Jomboran. Tema HUT Kabupaten Klaten tahun 2019 ini adalah dengan asesanti Guyub Rukun Nyawiji Hambangun Nagari. Ini merupakan falsafah Jawa yang mempunyai makna mendalam.(ksd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *