Lomba Lari Obor Menyemangati Jiwa Patriot Warga Desa Pesu

BERITA KLATEN-Lomba lari obor untuk merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia menjadi media untuk menyemangati jiwa patriot warga Desa Pesu, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lomba lari obor yang diikuti ratusan warga Desa Pesu menempuh jarak kurang lebih 2,8 km diawali dan diakhiri di depan Kantor Desa Pesu, Jumat (25/8/2017) malam.

Kepala Desa Pesu Budi Hartono didampingi salah seorang perangkat Desa Pesu Susanto, pada wartawan Berita Klaten mengungkapkan dengan wujud menyalanya oncor atau obor ini menunjukkan semangat yang berkobar untuk menanamkan jiwa patriot dan nasionalisme pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai harga mati. Dengan menyelenggarakan lomba lari obor merupakan upaya nyata untuk menanamkan sendi-sendi semangat nasionalisme pada NKRI yang berbhineka tunggal ika. Budi Hartono selaku Kepala Desa Pesu berusaha akan melestarikan lomba lari obor yang sudah dirintis oleh pendahulunya, ialah Hardiyo. Budi Hartono menegaskan dengan lomba lari obor dapat memotivasi pada warga Desa Pesu, khususnya bagi pembinaan generasi muda untuk melanjutkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Budi Hartono menuturkan, dalam kegiatan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 ini, rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-72 NKRI dimulai pada upacara bendera, Kamis (17/8/2017) lalu di lapangan Desa Pesu. Dalam upacara bendera hari kemerdekaan Republik Indonesia Budi Hartono bertindak sebagai inspektur upacara. Para petugas upacara adalah karang taruna Desa Pesu. Peserta upacara para siswa SD Negeri Pesu, tokoh masyarakat Desa Pesu, dan termasuk para ketua rukun tangga (RT) dan ketua rukun warga (RW), pensiunan, serta warga desa Pesu lainnya. Selanjutnya pada hari-hari berikutnya diadakan lomba-lomba untuk warga Desa Pesu.  Perlombaan diperuntukan bagi anak-anak Paud, kaum ibu, lomba bola volly,  dan lomba lari obor. Lomba lari obor berupa estafet bagi perempuan, dan juga untuk laki-laki. Untuk lomba obor juga diadakan untuk perseorangan.

Untuk menghibur warga masyarakat Desa Pesu, juga diadakan pentas seni, Sabtu (26/8/2017) di panggung yang ada di lokasi kompleks Kantor Desa Pesu. Jadwal yang sudah disusun Sabtu sore ini ada pentas orgent tunggal oleh warga Desa Pesu, untuk pembagian hadiah bagi juara pemenang lomba. Kemudian pada malam hari ada pentas musik Koesplus maniak. Menurut Budi Hartono kelompok musik Koesplus maniak hanya akan menyanyikan lagu-lagu gubahan group band legendaris Koesplus. Budi Hartono masih didampingi Susanto berujar berharap event 17-an Agustus tahun 2017 ini  berjalan lancar, karena yang terlibat kegiatan peringatan HUT ke-72 RI semua lapisan warga masyarakat Desa Pesu. Pantauan Berita Klaten tokoh masyarakat baik tua dan muda terlibat pelaksanaan lomba lari obor. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *