Muda-mudi One Plus & Jetis-Trunuh Kirabkan 15 Ribu Tahu Bakso

BERITA KLATEN-Dalam rangka HUT Ke-73 NKRI Muda-mudi One Plus dan Desa Jetis-Trunuh, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Jateng menyelenggarakan jalan sehat dengan mengarak 15 gunungan tahu bakso, Minggu (26/8/2018).

Pelepasan jalan sehat dan kirab 15 gunungan tahu bakso kurang lebih pukul 09.15 ditandai dengan pemotongan pita warna merah putih oleh Ketua DPRD Kabupaten Klaten Agus Riyanto. Jalan sehat maupun kirab 15 gunungan tahu bakso yang dibuat dari sebanyak 15 ribu tahu bakso  menempuh kurang lebih sejauh 2 km mengelilingi Desa Jetis. Nampak hadir dalam pelepasan tersebut Kepala Desa Jetis Mulyatno, Ketua Panitia Anggun Jegluk, para tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Anggun Jegluk ketika diwawancarai para wartawan mengungkapkan kegiatan kirab tahu bakso menjadi kegiatan tahunan. Untuk tahun 2018 ini merupakan kegiatan yang kali ke-3. Selanjutnya menjadi kegiatan rutin tahunan. Untuk membuat gunungan tahu bakso setiap kepala keluarga menyerahkan 20 tahu bakso, dan home industri menyerahkan minimal 200 tahu bakso. Di Jetis ada 100 home industri tahu bakso yang mendukung kegiatan jalan sehat dan kirab tahu bakso. Pemrakarsa kegiatan jalan sehat dan kirab tahu bakso adalah muda-mudi rukun warga (RW) 1 plus Desa Jetis dan Desa Trunuh. Kegiatan ini disediakan hadiah utama 2 unit motor honda beat,  2 unit sepeda gunung bantuan dari Kades Jetis dan dari Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Hadiah lainnya ada almari pakaian serta kompor, dan barang elektronik lainnya. Juga disediakan hadiah kambing, dan ayam jantan (jago). Untuk door prize disediakan ratusan hadiah.

Warga yang hadir juga disediakan sarapan bubur sebanyak 5000 porsi dibuat dari beras dan 7 kepala sapi. Dalam momentum memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini warga Desa Jetis dan Desa Trunuh juga ada bhakti sosial donor darah. Juga akan diadakan bancakan ikan lele sebanyak 3 kwintal.

Pada wartawan Anggun juga mengatakan kegiatan jalan sehat dan kirab tahu bakso ini sponsornya dari warga. Ikon Desa Jetis adalah tahu bakso, dan di Desa Jetis ada asosiasi. Warga pengusaha tahu bakso di Jetis ada pembinaan atau pendampingan dari pemerintah untuk lebih memajukan home industri.

Pada kesempatan jalan sehat dan kirab tahu bakso Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga hadir di lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Tepatnya di belakang SMP Negeri 7 Klaten.

Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain memberi semangat agar tahun depan kegiatan kirab tahu bakso lebih ditingkatkan. Para pengusaha tahu bakso agar mengelola lebih baik lagi. Sehingga Desa Jetis yang mempunyai usaha membuat tahu bakso lebih sejahtera. Sehingga kehidupannya makmur.

Selesai memberi sambutan Sri Mulyani menanda tangani prasasti sebagai kampung tahu bakso. Kemudian melakukan pemotongan pita merah putih untuk memulai rebutan gunungan tahu bakso. Namun sebelum dilakukan pemotongan pita merah putih warga sudah ada yang mengambili tahu bakso.

Camat Klaten Selatan Jaka Hendrawan pada wartawan antara lain mengatakan dalam momentun jalan sehat dan kirab gunungan tahu bakso dilaksanakan dalam kegiatan rutin agenda tahun peringatan HUT RI, yang dapat  untuk mempromosikan Desa Jetis supaya dikenal secara luas. Produksi tahu bakso supaya lebih luas pemasarannya.

Dengan adanya kegiatan ini warga masyarakat Desa Jetis banyak yang jualan makanan dan minuman, serta jualan kuliner lainnya.  Beberapa warga masyarakat mengatakan senang dapat mencari rejeki dalam kesempatan adanya kegiatan jalan sehat dan kirab gunungan tahu bakso. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *