Parameter SMA Bermutu Siswanya Diterima Di PTN Favorit

BERITA KLATEN-Siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Klaten, di Klaten, Jawa Tengah agar tetap berupaya mendapat nilai kategori amat baik dalam ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Karena nilai UNBK menjadi pertimbangan diterima di perguruan tinggi negeri favorit.

Demikian diungkapkan Kepala SMA Negeri 1 Klaten Kawit Sudiyono pada Berita Klaten,  Senin (26/3/2018) siang.  Hal itu juga disampaikan Kawit Sudiyono ketika memberi motivasi para siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK.  Meskipun nilai UNBK tidak menjadi penentu kelulusan bagi siswa kelas XII, tetapi siswa harus ikut UNBK.

Menurut Kawit Sudiyono, kalau untuk lulus bagi siswa mudah, karena soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dibuat oleh guru.  Sehingga siswa sudah mendapat materi mata pelajaran. Karena itu untuk melihat kwalitas siswa dan peringkat atau mutu SMA ditentukan dari siswa yang diterima di perguruan tinggi favorit.  Maka upaya Kawit Sudiyono  yang selalu dilakukannya adalah berdoa agar peringkat siswa SMA Negeri 1 Klaten yang diterima di perguruan tingggi negeri (PTN) favorit meningkat. “Paling tidak bertahan. Tahun lalu yang diterima di PTN favorit sebanyak 82%,”tutur Kawit Sudiyono menjelaskan.

Pada kesempatan mengumpulkan orang tua siswa kelas XII di sekolah beberapa hari lalu,  Kawit Sudiyono meminta pada orang tua siswa ikut memotivasi putranya agar rajin belajar untuk mempersiapkan UNBK yang akan dimulai pada tanggal 9 April 2018.  Jumlah siswa SMA Negeri 1 Klaten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah  peserta USBN dab UNBK ada 349 siswa terdiri dari jurusan Ilmu Pengetahuab Sosial (IPS) sebanyak 60 siswa,  dan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 289 siswa. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *