Sebanyak 23 Siswa PKBM Dewi Fortuna Ikuti UN Kesetaraan Paket C

BERITA KLATEN – Sejumlah 23 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewi Fortuna mengikuti  ujian nasional kesetaraan paket C yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Klaten, Jawa Tengah, pada hari Jumat s/d Senin (27-30 April 2018). Ujian kesetaraan paket C ini menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

M Sulaeman sebagai  bidang kesetaraan paket C PKBM Dewi Fortuna di Kecamatan Klaten Selatan menjelaskan sebenarnya yang mendaftarkan kesetaraan paket C ada 27 siswa. Namun pada hari pelaksanaan ujian nasional kesetaraan paket C menggunakan sistem UNBK yang masuk mengikuti ujian sebanyak 23 siswa. Sebanyak 4 siswa tidak masuk mengikuti ujian kesetaraan paket C. Sebanyak 4 siswa yang tidak masuk menurut M Sulaeman, 1 orang siswa karena kembali masuk SMK dan sudah mengikuti UNBK beberapa pekan lalu. Kemudian yang sejumlah 3 orang siswa tidak ada keterangan. Untuk upaya selanjutnya pengurus PKBM Dewi Fortuna di Desa Danguran, Klaten Selatan akan mencari siswanya agar mengikuti ujian susulan kesetaraan paket C pada tanggal 11 Mei 2018.

Pelaksanaan ujian nasional kesetaraan paket C dengan sistem UNBK ini sarana prasarana, teknisi, dan proktor difasilitasi oleh SMA Negeri 2 Klaten. Pada pelaksanaan UNBK kesetaraan paket C pada Jumat (27/4) pagi hari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siang hari mata pelajaran Geografi berjalan lancar. Jadwal berikutnya hari Sabtu (28/4) jam pertama mata pelajaran Matematika, jam ke-2 mata pelajaran Sosiologi. Kemudian pada hari Minggu (29/4) jam pertama mata pelajaran Bahasa Inggris,  dan jam ke-2 mata pelajaran ekonomi, selanjutnya hari Senin (30/4) mata pelajaran Kewargaan Negara.

M Sulaeman pada Berita Klaten mengungkapkan, para siswa PKBM Dewi Fortuna yang mengikuti ujian nasional kesetaraan paket C semuanya sudah memenuhi persyaratan.  Para siswa sudah mempunyai nilai raport semester 1 s/d 6. Kegiatan belajar mengajar di PKBM Dewi Fortuna tiap sepekan sebanyak 3 hari. Ialah pada hari Senin, Rabu, dan hari Jumat. Para guru yang mengampu dari SMA Negeri 2 Klaten, SMK Negeri 3 Klaten, dan para pensiunan guru. Peserta didik di PKBM Dewi Fortuna jurusannya adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa PKBM Dewi Fortuna usianya beragam. Ada yang masih muda, dan ada yang dewasa, juga ada yang menjabat sebagai pemerintah desa. Semangat pejabat pemerintah desa yang mengikuti kesetaraan paket C layak diapresiasi.

Terkait ujian nasional kesetaraan paket C, menurut Tri Margianto dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, tempat untuk pelaksanaan UNBK kesetaraan paket C di Kabupaten Klaten ada 5 tempat, ialah di SMA Negeri 1 Klaten, SMA Negeri 2 Klaten, SMA Ibnu Abas yang ada di Ketandan, SMK Batur Jaya Ceper, dan di SMP Negeri 1 Karanganom. Ia berharap pelaksanaan ujian nasional kesetaraan paket C dapat berjalan lancar. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *