Petugas dari Dokes Polres Klaten memeriksa urine para pengemudi bus antar kota. (p.kus)

Pengemudi Bus Antar Provinsi Diperiksa Urinnya

KLATEN (BK). Lebaran yang tinggal sepekan  petugas gabungan  dari  Kepolisian Resort  Klaten, Dinas Kesehatan, dan  Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten melakukan operasi Ramadhan bagi para pengemudi bus angkutan umum di Terminal Ir Soekarno Klaten, Jawa Tengah, Senin (27/6).  Para pengemudi dilakukan tes urine  dan armada bus diperiksa perlengkapannya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten Sumarsono, pada wartawan  di lokasi operasi Ramadhan mengatakan kendaraan  yang dilakukan pemeriksaan kelaikan jalan armada bus. Untuk pemeriksaan perlengkapan armada angkutan  meliputi rem, lampu send, wiper kaca mobil, dan lainnya. Uji emisi semua angkutan bus juga dilakukan. Ia menegaskan untuk angkutan lebaran ini semua kendaraan  diharapkan aman dan nyaman.

Operasi Ramadhan 2016 yang dilakasanakan  di Terminal Ir Soekarno Klaten, dimulai pada pukul 09.00. Untuk mengawali  operasi tersebut dilakukan  apel yang diikuti oleh satuan lalu lintas, satuan narkoba, dokes, personel Dinas Kesehatan dan  Dinas Perhubungan. Apel dipimpim oleh Kepala Satuan Lalu Lintas  Polres Klaten AKP Kemas.



 

Dalam arahannya   AKP Kemas mengatakan agar operasi Ramadhan 2016 ini dilakukan sesuai prosedur yang  sudah ditentukan.  Sehingga pelaksanaan operasi dalam menghadapi lebaran yang dilakukan pada bulan Ramadhan ini berjalan  lancar.  Dalam  kesempatan  menjawab pertanyaan  wartawan mengenai pengamanan jalur lalu lintas di selatan  yang melintas  lewat Kabupaten Klaten, AKP Kemas mengatakan segala kemungkinan terjadi kemacetan  lalu lintas  sudah diantisipasi.  Untuk Pos Pengamanan (Pospam) lebaran di Kabupaten Klaten didirikan di Prambanan, Kraguman, pertigaan Tegalyoso, depan RSPD,  di pertigaan Jonggrangan, Terminal Ir Soekarno, dan Karang Delanggu.  Untuk mengatasi kemacetan di jalan  Yogya – Solo juga  sudah ada jalan alternatif  yang dapat dilewati.  Di jalan alternatif juga  dipasang  petunjuk arah.

Petugas dari Dinas Perhubungan melaksanakan uji emisi angkutan bus. (p.kus)
Petugas dari Dinas Perhubungan melaksanakan uji emisi angkutan bus. (p.kus)

Untuk personel polisi dari satuan  lalu lintas  yang diturunkan  terbatas, kurang lebih  ada 64 personel  lalu lintas.  Namun  dari anggota  Polres  Klaten  banyak juga  yang diturunkan  untuk melakukan pengamanan. Karena untuk menurunkan  personel polisi disesuaikan  dengan anggaran  DIPA yang ada.

Salah seorang petugas dari Dokes Polres Klaten Sriyanto mengatakan untuk pemeriksaan kesehatan maupun cek urine bagi  para pengemudi  bus, prosesnya  dari awal didata  terlebih dahulu. Kemudian  dilakukan tensi, periksa gula darah, dan cek urine.  Bila  ada personil pengemudi ketika diperiksa urine ternyata ada kandungan narkoba maka akan diamankan oleh  satuan narkoba.

Beberapa sopir yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan urine  mengatakan setuju adanya pemeriksaan begini.  Suwandi pengemudi Bus  Sinar Jaya mengtakan bagus dengan  adanya pemerikasaan kesehatan ini.  Suwandi dan Eko yang juga  sebagai pengemudi  merasa senang diperiksa oleh petugas kesehatan  yang melibatkan  dokter.  Para sopir  yang diperiksa tidak merasa takut karena  mereka  tidak pernah mengkomsumsi  minuman jenis alkohol dan  narkoba. (ksd)

Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Klaten AKP Kemas ketika diwawancarai wartawan di Terminal Ir Soekarno. (p.kus)
Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Klaten AKP Kemas ketika diwawancarai wartawan di Terminal Ir Soekarno. (p.kus)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *