400-an Pedagang Meramaikan Festival Kuliner Tradisional

BERITA KLATEN-Festival kuliner tradisional Klaten yang diselenggarakan di Alun-alun Klaten, Jateng oleh Koperasi Pedagang Kuliner, Manunggal diikuti kurang lebih 400-an pedagang kuliner, Selasa (27/6/2017). Peresmian festival kuliner dilakukan oleh Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.

Para pedagang kuliner yang meramaikan festival kuliner tradisional di Alun-alun Klaten menjajakan berbagai makanan olahan tradisional. Di lokasi Alun-alun Klaten ditata sedemikian rupa untuk tempat menjajakan dagangan. Pedagang kuliner yang jumlahnya sekitar 400-an menempati petak-petak yang ada di Alun-alun Klaten.

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan merasa bangga pada pemrakarsa diselenggarakannya festival kuliner tradisional Klaten. Hj Sri Mulyani mengajak para pelaku kuliner dari Klaten yang berada di luar agar memperkenalkan makanan olahan tradisonal dari Klaten. Sehingga akan meningkatkan tarap hidup pelaku kuliner. Sehingga penyelenggaraan festival kuliner ini menjadi berkah bagi warga Klaten. Sri Mulyani menekankan agar warga Klaten pelaku kuliner yang ada di luar menyebarkan virus kuliner tradisional Klaten.

Rohman Neki sebagai pegiat sosial di Jakarta yang asli Klaten, ia menyampaikan  alasan memprakarsai adanya festival kuliner tradisional Klaten karena ingin memajukan kuliner yang ada di Klaten. Menurutnya, pelaku kuliner di Klaten kurang diperhatikan. Maka momentum diadakannya festival kuliner tradisional  pada lebaran ini menjadi pijakan untuk meningkatkan para pelaku kuliner. Klaten layak diangkat pedagang kulinernya.

Rohman Neki menambahkan, di jaman kemajuan ini, yang sudah memasuki era digital ini maka para pelaku kuliner untuk meningkatkan sistem penjualannya dengan  cara online. Kalau dengan online pelaku kuliner akan mengalami peningkatan kesejahteraannya.

Dalam seremonial pembukaan, diserahkan piagam rekord Muri pada Hj Sri Mulyani. Selesai seremonial Sri Mulyani, Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Bayu Jagad, Ario Bimo anggota DPR Pusat Komisi IV, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto bersama menikmati “kembul dahar” (makan bersama) nasi gudang dengan Hj Sri Mulyani, dan pejabat lainnya. Setelah itu berkeliling melihat-lihat stand-stand yang jualan kuliner. Menurut ketua panitia festival kuliner tradisional Klaten Roby Wijaya, pada siang hari diadakan pentas budaya dari Sanggar Omah Wayang dan dari Sanggar Seni Ario Bimo. Pada malamnya diselenggarakan pagelaran wayang kulit oleh dalamg Ki Agung Sumarno. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *