KPMD Dapat Memantau Penggunaan Dana Desa

Dalam pelatihan kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD), dimungkinkan KPMD dapat memantau penggunaan dana desa. Hal ini terungkap dalam pelatihan KPMD di Gedung Wanita Klaten, Jawa Tengah, Senin – Kamis (23-26/11).

Pelatihan KPMD diikuti oleh seorang KPMD se-Kabupaten Klaten. Pelaksanaan pelatihan KPMD secara berkelompok dibagi 4 kelompok. Setiap hari ada 1 kelompok KPMD yang mengikuti pelatihan. Menurut salah seorang staf Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Klaten Sarjoko, peserta pelatihan KPMD adalah yang sudah menjadi KPMD.

Sarjoko yang menunggui pelatihan KPMD lebih lanjut mengatakan, yang dimaksudkan KPMD adalah kader desa. Selanjutnya, yang dimaksud kader adalah orang yang dibentuk untuk memegang peran penting (orang kunci) dan memiliki komitmen dan dedikasi kuat untuk menggerakan organisasi mewujudkan visi misinya.

Salah seorang fasilitator juga menjelaskan KPMD dana desa adalah warga desa terpilih yang memfasilitasi atau memandu masyarakat dalam melaksanakan tahapan pelaksanaan dana desa di tingkat desa, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian sampai dengan pelestarian. Ketika menyinggung perencanaan, KPMD juga dapat memantau kegiatan di desa.

Selain itu, tugas KPMD adalah mengawal dana desa tahun anggaran 2015, menyebar luaskan dan mensosialisasikan dana desa kepada masyarakat desa. Seorang KPMD juga memastikan terlaksananya tahap-tahap kegiatan dana desa di desa. Memotivasi warga masyarakat agar mau tergerak berpartisipasi dan swadaya gotong royong.

Karena itu KPMD dapat dianggarkan untuk operasional kegiatan dalam menangani kegiatan di desa. Seorang KPMD mestinya selalu mendampingi tim pelaksana kegiatan (TPK). Pendampingan kegiatan mulai perencanaan hingga rampung kegiatan KPMD dapat menjadi pendamping yang diandalkan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *