Semua Peserta Upacara HUT Ke-215 Kabupaten Klaten Berpakaian Jawa

BERITA KLATEN – Untuk memeriahkan suasana hari ulang tahun ke-215 Kabupaten Klaten semua peserta upacara dan tamu undangan di alun-alun Klaten mengenakan pakaian kejawen lengkap, Minggu (28/7/2019).

Peserta upacara   antara lain para pegawai Pemkab Klaten dari OPD, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten Tengah, dan Klaten Utara, mahasiswa, siswa SMP, SMA, dan SMK, serta  dari ormas lainnya. Jumlah peserta upacara kurang lebih 1000-an orang.  Pelaksanaan upacara  hari ulang tahun (HUT) ke-215 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menggunakan Bahasa Jawa. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.

Tamu yang hadir dalam upacara hari jadi Kabupaten Klaten tahun 2019  ini antara lain Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, anggota DPRD Klaten,  para pejabat Forkompinda Klaten, Komandan Kodim Klaten Letkol Eko Setiawan, Kapolres Aries Andhi, Kajari Feri Mupahir, Ketua Pengadilan Negeri Albertus Usada, para Assisten Bupati Purwanto AC, dr Ronny Roekmito, dan Sri Winoto, juga para staf ahli bupati, para kepala dinas, para kepala sekolah SMP, SMA, SMK, dan tamu undangan lainnya.

Jalannya upacara, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, para pejabat Forkompinda Klaten, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, dan para pejabat Pemkab Klaten, tamu kehormatan lainnya berangkat dari rumah dinas Bupati Klaten. Bupati Hj Sri Mulyani didampingi suaminya Sunarno, naik kereta andong menuju alun-alun Klaten, dan disusul para pejabat lainnya.

Selesai upacara hari jadi Kabupaten Klaten diteruskan kirap tumpeng nasi kuning  sejumlah 215 yang dibawa ke tengah alun-alun para siswa sekolah menengah pertama. Juga ada tumpeng nasi kuning besar yang mesti diangkat oleh 4 orang. Tumpeng nasi kuning  besar ini yang dipotong oleh Bupati Sri Mulyani. Selesai pemotongan tumpeng nasi kuning diteruskan pelepasan balon ada vocher  senilai Rp 100 ribu yang jumlahnya ada  10-an vocher. Kemudian dilanjutkan  kembul makan bersama dengan masyarakat Klaten yang menyaksikan upacara peringatan hari jadi Kabupaten Klaten. Kebetulan bersamaan car free day (hari bebas kendaraan) sehingga banyak warga Kabupaten Klaten yang ikut makan nasi tumpeng.

Sehabis sarapan bersama dilanjutkan lomba cembreng dengan panjat bambu. Tiga bambu untuk lomba cembreng didatangkan dari Kecamatan Kemalang. Hadiah cembrengan yang disediakan cukup menarik bagi warga Klaten yang mengikuti panjat bambu.

Bupati Hj Sri Mulyani dan tamu dari Sekda Provinsi Jateng, serta para pejabat Pemkab Klaten menyempatkan melihat lomba panjat bambu atau lomba cembreng. Setelah itu Bupati Hj Sri Mulyani dan para pejabat Pemkab Klaten melakukan ziarah ke makam Kyi Mlati di Sekalekan, dan dilanjutkan ziarah ke Makam Kajoran, tempat Bupati Klaten yang pertama dimakamkan.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *