Gelar Pasukan Keselamatan Candi 2019 Diikuti Ratusan Personel

BERITA KLATEN-Apel gelar pasukan Operasi Simpatik Candi 2019 Polres Klaten, Jawa Tengah,  di kompleks Mapolres  Klaten diikuti kurang lebih 700-an personel TNI, Polri, dan Satpol PP, Senin (29/4/2019) pagi tadi.

Apel gelar pasukan operasi simpatik candi 2019 untuk keselamatan lalu lintas dikomandani oleh Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi. Dalam amanatnya Kapolres Klaten Aries Andhi membacakan  sambutan  Kepala Korp Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri. Sambutan Irjen Pol Refdi Andri yang dibacakan Kapolres Aries Andri antara lain mengungkapkan antara lain mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta berlalu lintas (Kamseltbcar). Selanjutnya untuk meningkatkan keselematan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu linfas, membangun budaya  tertib beralu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan pada publik.

Sasaran operasi keselamatan tahun 2019 ada 7 point pelanggaran lalin, antara lain: saat berkendara menelpon menggunakan handphone, pengemudi tidak menggunakan safety belt, menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol, mengendarai melawan arah jalan lalu lintas, pengendara dalam keadaan kena pengaruh alkohol atau miras dan narkoba, mengendarai yang belum berumur, berkendara yang melebihi batas maksimal, dan menggunakan bahu jalan yang bukan peruntukannya.

Kemudian perintah Kepala Korlantas Polri  polisi lalu lintas yang bertugas agar menjaga keselamatan. Polisi selain bersikap simpatik, polisi lalu lintas yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Pesannya pada  masyarakat  agar tertib dan patuh dalam berlalu lintas. Selain itu pengendara kendaraan bermotor agar melengkapi persyaratan berkendara.

Ketika diwawancari wartawan Aries Andhi menuturkan agar di pengendara merasa nyaman berlalu lintas.  Karena di Klaten banyak penggalan-penggalan di antara Solo dan Yogya. Dalam operasi ini menurut Aries Andhi oleh petugas Polri hanya ada himbauan-himbauan. Tidak ada tindakan hukum, atau tidak ada penindakan bukti pelanggaran. Operasi simpatik candi 2019 dilaksanakan 10 hari menjelang bulan Ramadhan. Pelaksanaan operasi simpatik candi 2019 mulai hari Senin (29/4) ini, selama 10 hari. Nantinya diteruskan pada operasi ketupat menjelang hari raya Idul Fitri.

Menjawab pertanyaan  wartawan jadi tidak ada penindakan hukum bagi yang melanggar, Aries Andhi mengatakan dengan tegas terkecuali pengendara yang keterlaluan. Jadi pengendara yang keterlaluan melanggar hukum. Dalam operasi simpatik candi 2019 akan melibatkan semua satuan polisi  Polres Klaten.

Dalam apel gelar pasukan pasukan diikuti semua  satuan di Polres Klaten. Antara lain satuan lalu lintas, satuan reskrim, satuan narkoba,  satuan intelpam, satuan sabhara, satuan dalmas, dari TNI Kodim Klaten, serta dari Satuan Polisi Pamong Projo Kabupaten Klaten. Apel gelar pasukan operasi simpatik Candi 2019 pagi tadi dimulai sekira pukul 07.30, dan  berakhir sekitar pukul 08.20. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *