1000 Penari Gambyong Beraksi Di Alun-alun Klaten

BERITA KLATEN-Sejumlah 1000 penari gambyong beraksi menunjukkan ketrampilannya menari gambyong di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Ke-214 Kabupaten Klaten, Minggu (29/7/2018) pagi tadi.

Dengan gerak lemah gemulai para penari gambyong yang masih usia remaja menari dengan eloknya di depan Bupati Klaten Hj  Sri  Mulyani, dan para pejabat Pemkab Klaten, serta ditonton puluhan ribu masyarakat Klaten. Para penari gambyong terdiri dari para siswa SD, SMP, dan SMA maupun SMK. Ketika menari para penari dengan penuh konsentrasi dalam gerakan tangan maupun kaki. Pentas tari di Alun-alun Klaten ada 3 macam jenis tari. Ialah tari pangabekten, tari gambyong parianom,  dan tari tayub ngujiwat.

Salah seorang pelatih nari  Mas Jimbling,  ia mengatakan tari gambyong kolosal kali ini diselenggarakan di Alun-alun Klaten agar mudah mengatur untuk koordinasi maupun penataan sound system. Kalau diadakan di sepanjang Jalan Pemuda akan sulit pengaturannya maupun menata sound systemnya. Menurutnya dalam pelaksanaan tari gambyong kolosal ada 60 remaja putri penari inti yang ada di depan panggung para pejabat. Kemudian sebanyak 940 penari di belakangnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten Pantoro, dalam laporannya antara lain mengatakan pentas tari gambyong ini untuk melestarikan seni budaya tari gambyong. Penyelenggaraan tari gambyong kolosal menjadi program kerja Panitia Peringatan  HUT Ke-214 Kabupaten Klaten dan HUT Ke-73  Republik Indonesia.  Terlaksananya tari gambyong berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dan dengan sanggar tari yamg ada di Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengungkapkan ucapan terima kasihnya pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten yang telah bekerja secara baik.  Panitia Peringatan HUT Kabupaten Klaten yang bekerja luar biasa dan spektakuler. Pada para penari ukirlah untuk berprestasi. Pesannya pada para penari yang masih sekolah agar patuh pada guru dan pada orang tuamu. Berbuatlah yang terbaik untuk Kabupaten Klaten.

Terkait dengan peringatan HUT Kabupaten Klaten, rangkaian kegiatan pada hari Sabtu (28/7/2018) telah dilakukan upacara di Alun-alun Klaten. Ketika upacara bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Camat Karangdowo Agus Suprapto,  dan sebagai inspektur upacara Bupati Hj Sri Mulyani. Dalam upacara semuanya memakai pakaian Jawa. Termasuk aba-aba dan sambutan, serta lainnya juga menggunakan Bahasa Jawa. Setelah upacara dilanjutkan ziarah ke Makam Kyai Mlati di Sekalekan,  dan makam di Kauman,  Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

Pada sore harinya diadakan lurik carnival yang berjalan dari Ngingas hingga depan Kantor BRI Cabang Klaten. Kontingen peserta lurik mengenaikan pakaian dan hiasan dari kain lurik. Ada 36 kontingen yang mengikuti lurik Carnival.  Tujuan penyelenggaraan lurik carnival untuk memperkenalkan kain lurik. Sehingga kain lurik dapat meningkatkan kesejahteraan para pengusaha dan karyawan perusahaan kain lurik. (ksd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *