Operasi Patuh Candi 2019 Untuk Menekan Kecelakaan

BERITA KLATEN – Apel gelar pasukan Operasi (OPS)  Patuh Candi 2019 untuk menekan kecelakaan dilaksanakan di lapangan Polres Klaten, Kamis (29/8/2019) pagi. Apel gelar pasukan operasi patuh candai 2019 dipimpin oleh Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi.

Kegiatan apel gelar pasukan OPS Patuh Candi 2019 diikuti satuan-satuan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Projo (Satpol PP), dan Pramuka Saka Bhayangkaral). Bertindak sebagai komandan apel gelar pasukan OPS patuh 2019 adalah Kasat Lantas Polres Klaten, Jateng AKP Bobby A Rohman.

Sambutan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol  Rycko Amelzadaniel yang dibacakan oleh Kapolres  AKBP Aries Andhi antara lain mengungkapkan operasi patuh candi 2019  secara nasional dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus hingga tanggal 11 September, selama 14 hari. Dalam operasi patuh ini untuk melakukan penegakan bagi pengemudi roda 2 dan roda 4. Pengendara yang masih anak, di bawah umur yang belum mempunyai surat ijin mengemudi (SIM). Kemudian orang yang  mengendara sepeda motor sambil menelpon juga dilakukan penegakan. Kapolda Rycko Amelzadaniel juga berpesan jangan melakukan pungutan liar (Pungli), dan hindari komplin dengan masyarakat.

Kasat Lantas AKP Bobby A Rohman pada wartawan menuturkan operasi patuh candi 2019 adalah penegakan hukum bagi pengemudi kendaraan roda dua dan roda 4. Operasi patuh dikenakan pada pengemudi kendaraan yang melawan arus, anak di bawah umur, mengemudi sambil menelpon, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang roda 4.

Pelanggaran lawan arus dilakukan di kota Klaten. Menurut Kasat Lantas Bobby A Rahman, pengemudi yang melanggar lawan arus sebetulnya tahu. Mereka yang lawan arus inginnya mempercepat arah jalan, agar tidak perlu mutar-mutar. “Operasi patuh candi 2019 untuk menekan angka kecelakaan,”ujar Bobby.

Menjawab pertanyaan wartawan angka kecelakaan selama ini di Klaten didominasi siapa, Bobby mengatakan didominasi oleh kalangan pelajar. Selain itu  juga banyak karyawan swasta yang mengalami kecelakaan. Situasi jalan sekarang banyak dipadati kendaraan pribadi, ini juga dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Bobby juga menyampaikan operasi patuh candi 2019 menerjukan 110 personel. Dalam operasi patuh candi 2019 ini, lanjut Bobby melibatkan Satuan Sabhara, Satuan Intel, dan Dinas Perhubungan. Lokasi operasi patuh di wilayah Daerah Kabupaten Klaten. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *