Sekitar 500-an Warga Klaten Ikuti Gerak Jalan Sadar Pemilu

BERITA KLATEN-Kurang lebih 500-an warga Klaten, Jawa Tengah mengikuti gerak jalan untuk menggugah masyarakat agar sadar Pemilu. Gerak jalan yang diselenggarakan  KPU Klaten diawali dari halaman kantor Pemkab Klaten, Minggu (29/10/2017) pagi tadi.

Gerak jalan yang diberangkatkan oleh Asisten 3 Bupati Klaten Sri Winoto menempuh jarak kurang lebih 5 kilo meter. Jalur yang ditempuh dari halaman Kantor Pemkab Klaten, terus menyusuri  jalan yang menuju Sidowayah lewat Stadion Trikoyo, sampai pertigaan Sidowayah belok kanan ke arah alun-alun Klaten. Sampai Jalan Pemuda Tengah terus belok ke kanan kembali menuju ke halaman Pemkab Klaten.

Peserta gerak jalan sadar Pemilu diikuti dari pelajar, mahasiswa, orsospol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat,  penggerak PKK, dan lainnya. Sebelum diberangkatkan dilakukan ikrar pemilu yang ditanda tangani dari perwakilan antara lain dari pemilih pemula, dari ormas, dan dari penggerak PKK Klaten Nyonya Joko Sawaldi.

Laporan kegiatan gerak jalan sadar pemilu yang disampaikan oleh Sekretaris KPU Klaten Thomas Sunarno antara lain mengatakan kegiatan gerak jalan juga untuk sosialiasasi pada masyarakat agar sadar pemilu. Sehingga capaian pemilih dalam pemilu dapat meningkat. Dikatakan juga Pilkada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur akan dilaksanakan hari Rabu 27 Juni 2018. Sedangkan Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 17 April 2019. Anggaran kegiatan gerak jalan sadar pemilu dari APBD tahun 2017 daftar indek pengalokasian anggaran (DIPA) KPU.

Sambutan Ketua Umum KPU Pusat yang dibacakan oleh Ketua KPU Klaten Siti Farida antara lain menuturkan, pemilu sarana mewujudkan demokrasi, dan konstitusional. Dengan ikut memilih akan menentukan kebijakan politik dalam jangka 5 tahun. Masyarakat agar menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan rasional. Jangan sampai masyarakat termakan dibelokkan berita artifisial, berita hoak (bohong),  dan lainnya yang merugikan pemilih. Pastikan pemilih mempunyai KTP elektronik, sudah terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPT) dan daftar pemilih tetap (DPT).

Sambutan Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang dibacakan Sri Winoto antara lain menyatakan mendukung adanya kegiatan gerak jalan sadar pemilu. Semoga adanya kegiatan ini warga masyarakat Klaten semakin sadar untuk mengikuti pemilu.

Untuk menyemarakkan suasana gerak jalan sadar pemilu diramaikan dengan hiburan musik organ tunggal, dan menampilkan penyanyi lokal Klaten. Selain hiburan musik, KPU Klaten juga menyediakan hadiah undian berupa puluhan alat-alat rumah tangga dan 2 unit sepeda gunung.  Peserta gerak jalan sadar pemilu yang memperoleh hadiah nampak bersuka ria. Seperti Yohana, sebagai Kasi Tapem di Kecamatan Karangnongko nampak gembira karena mendapat undian sepeda gunung.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *