Semangat Ki Hajar Dewantara Mesti Digelorakan

Semangat juang Ki Hajar Dewantara tetap terpatri di lubuk hati para pelaku kependidikan sepanjang hidup. Semangat itu terbukti dengan sikap yang selalu mengingat pada Bapak Ki Hajar Dewantara. Ini terwujud dalam kegiatan ziarah setiap menjelang peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei. Panitia peringatan Hardiknas tahun 2015 Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah juga melakukan ziarah ke makam DR Wahidin Sudiro Husodo di Mlati Sleman dan makam Ki Hadjar Dewantara di Semaki, Yogyakarya, Kamis (30/4).

Semangat patriotisme untuk melanjutkan cita-citanya meningkatkan pendidikan di Negara Republik Indonesia terus dilakukan oleh para pelaku pendidikan. Khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten tetap komitmen untuk memajukan pendidikan. Maka untuk menyemangati memajukan pendidikan di Kabupaten Klaten setiap tahun selalu merenungi dan merefleksi sudah sejauh mana dalam melanjutkan cita-cita Ki Hajar Dewantara. Salah satunya untuk menyemangati itu rombongan panitia peringatan Hardiknas tahun 2015 Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, ziarah mendatangi ke makam dua orang tokoh pendidikan tersebut.

Rombongan panitia peringatan Hardiknas Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Provinsi Jateng, sekitar pukul 09.00 meninggalkan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten menuju Yogyakarta. Rombongan panitia Hardiknas yang mengikuti ziarah antara lain pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Ny Pantoro, pengurus MKKS SMP Kabupaten Klaten Woro Subaningsih, pengurus MKKS SMK Kabupaten Klaten Muhammad Woro Nugroho, Ketua Panitia Hardiknas Kabupaten Klaten Sudirno, Kabid Dikdas Bambang Teguh S, beberapa kepala UPTD Pendidikan Isnaeni, Sunardi, Wasito, dan lainnya. Rombongan panitia peringatan Hardiknas pertama menuju ziarah ke makam Dr Wahidin Sudiro Husodo di Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan kemudian menuju ke makam Ki Hajar Dewantara yang berada di Jalan Soga, Semaki, Yogyakarta. Ketika Rombongan Panitia Hardiknas Kabupaten Klaten ketika sampai di makam masing-masing lalu melambungkan doa-doa ke hadirat Allah agar arwah Ki Hajar Dewantara dan Wahidin Sudiro Husodo berada di sisi Allah. Semoga semangat Ki Hajar Dewantara dengan sesantinya Tut Wuri Handayani, dan juga semangat Dr Wahidin Sudiro Husodo selalu memotivasi para pelaku pendidikan di jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah Isnaeni, pada Klaten Direktori (DK) mengungkapkan, kegiatan ziarah ke makam Dr Wahidin Sudiro Husodo dan Ki Hajar Dewantara merupakan kegiatan rutin setiap memperingati hari pendidikan nasional yang diprogramkan oleh panitia Hardiknas. Ziarah ke makam pada dua orang tokoh pendidikan ini, lanjut Isnaeni, merupakan sarana untuk memotivasi pada para guru, dan pada pelaku pendidikan. “Kita berusaha untuk dapat mengemban tugas mulia sebagai pendidik, dan berusaha berjuang keras untuk dapat mewujudkan cita-cita kedua tokoh pendidikan tersebut,”ujar Isnaeni.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *