Bersih Sendang Simbar Joyo Diikuti Semua Elemen Masyarakat

BERITA KLATEN-Tradisi kegiatan bersih desa atau besik desa di Sendang Simbar Joyo, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jateng diikuti semua elemen masyarakat, Jumat (29/9/2017).  Masyarakat Desa Jonggrangan yang beragam keyakinan, majemuk  ikut terlibat mensukseskan tradisi bersih sebagai simbol syukur pada Tuhan.

Prosesi kirab diawali dari Kantor Desa Jonggrangan menuju ke Sendang Simbar Joyo yang jaraknya kurang lebih 750 meter. Prosesi kirab diawali kelompok drumband dari SD Negeri Jebugan, Kecamatan Klaten Utara.  Selanjutnya diikuti barisan Paskib SMA Negeri 3 Klaten, kemudian urutan berikutnya adalah pasukan  Dalmas Polres Klaten. Berikutnya adalah rombongan yang dimanggalani oleh Margondo. Rombongan ini berpakaian sorjan dari bahan kain lurik. Di belakang manggolo adalah para ketua RT /RW dan Perangkat  Desa Jonggrangan termasuk Kepala Desa Jonggrangan Sunarno didampingi isterinya. Setelah itu ada warok dengan memundak seorang laki yang bespostur pendek.  Di belakang warok ada rombongan ibu-ibu berpakaian kebaya membawa berbagai macam sedekah. Ada makanan olahan, maupun hasil bumi Desa Jonggrangan. Setelah rombongan ibu-ibu ada 2 gunungan berupa nasi, dan gunungan sayuran, maupun buah-buahan.

Dalam prosesi ini semua simbol syukur pada Allah Tuhan diserahkan oleh Kades Sunarno pada juru kunci Sendang Simbar Joyo Kasno dan Sugiman. Sunarno dalam penyerahnya antara lain mengungkapkan semua sedekahan berupa makanan olahan, dan berbagai hasil bumi dari Desa Jonggrangan merupakan wujud simbolis ucapaan syokur pada Tuhan.

Sunarno pada wartawan mengungkapkan tradisi bersih desa di Sendang Simbar Joyo sudah turun temurun. Sedekah yang dikirab berupa gunugan nasi gurih, dan gunungan sayuran serta buah-buahan. Bersih desa di Sendang Simbar Joyo diselenggarakan setiap bulan Suro. Kebetulan, lanjut Sunarno, pada momentum bersih desa tahun 2017 ini, atau bulan Suro ini, bersamaan akan ada peresmian Masjid yang baru selesai dibangun, pada hari Sabtu (30/9/2017) malam. Terus hari Minggu (1/10/2017) akan dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Kristen Jawa (GKJ) di dekat lokasi Sendang Simbar Joyo Desa Jonggrangan. Relasi yang harmonis ada di Desa Jonggrangan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *