Warga Lereng Merapi Masih Perlu Bantuan Air Bersih

KEMALANG. Intensitas hujan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, belum  tinggi. Sehingga bak-bak tampungan  air hujan bagi warga  di desa yang berada di lereng  Gunung Merapi belum terisi penuh. Karena itu warga  masih memerlukan  bantuan  air bersih.

Demikian diungkapkan  Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Eko Pambudi, Kamis (26/11) pekan lalu. Eko Pambudi yang juga  dilantik  sebagai  Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Karangdowo di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (25/11) lalu menuturkan droping bantuan air bersih di lereng Gunung Merapi masih berlangsung. Anggaran  untuk ploting  membantu  air bersih pada  warga  di desa-desa yang  berada di lereng  Gunung Merapi sampai pada Bulan Desember tahun 2015 yang akan datang.  Dana  yang  disediakan untuk bantuan droping air bersih sekarang kurang lebih  tinggal Rp38 juta.

Menurutnya  mulai bulan Desember intensitas  hujan mulai tinggi.  Sehingga  bak-bak penampungan  air hujan milik mulai terisi. Namun sekarang BPBD Klaten  masih  melakukan droping air bersih di Desa  Tegalmulyo, Desa Sidorejo, Telogowatu, Desa Tangkil, dan Desa Bumiharjo.   Droping air bersih  dilakukan setiap hari  sebanyak  2 tangki.  Ia  juga  berharap  masih banyak lembaga-lembaga  yang peduli membantu  air bersih pada  masyarakat di lereng Gunung Merapi. Beberapa  pekan  lalu organisasi  Radio Antar Penduduk Indonesia  (RAPI) Kabupaten  Klaten juga  telah membantu air bersih sebanyak 11 tangki dibagikan di 3  desa. Ialah  di Desa Bumiharjo, Desa Kendalsari, dan Desa  Sidorejo, dan untuk mengisi  bak air di salah satu  Masjid yang ada di sekitar obyek wisata Deles Indah.

Perkiraan Eko Pambudi  intensitas turun hujan   tinggi mulai  pertengahan bulan Desember yang akan datang hingga  bulan  Maret tahun 2016 mendatang.  Ia  yang sudah tidak menjabat sebagai  Kasi Kedaruratan BPBD  Kabupaten Klaten, tentunya  sebelum melakukan serah terima jabatan  akan  menyelesaikan tugasnya.  Pada Berita Klaten ia  sudah siap melaksanakan  tugasnya di tempat kerjanya  yang baru  sebagai Kasi Ketentraman Ketertiban Umum (Trantib) di Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jateng. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *