Momentum HUT Ke-37 Satuan Pengamanan Wujudkan Profesional

BERITA KLATEN – Satuan pengamanan (Satpam) dalam  momentum hari ulang tahunnya  (HUT) ke-37  berupaya meningkatkan kompetensinya untuk mewujudkan profesional Satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Upacara HUT ke-37 Satpam  dilaksanakan di halaman  Mapolres Klaten, Jateng,  Sabtu  (30/12/2017) pagi.

Upacara HUT ke-37 Satpam di Kabupaten Klaten diikuti kurang lebih 800-an  orang Satpam,  organisasi massa (ormas) antara lain Banser, Senkom, RAPI, ORARI, dan Pramuka Saka Bhayangkara. Upacara HUT Satpam juga  diikuti dari instansi pemerintah antara lain Satpol Pamong Projo, dan Dinas Perhubungan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara  adalah Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Klaten  Kompol Hari Sutanto. Sedangkan  yang bertindak sebagai komandan upacara HUT  Ke-37 Satpam ialah  Agus  Bintoro sebagai Satpam Perusahaan Tekstil Kusuma Nandra Putra di Pedan.

Dalam kesempatan upacara HUT  Satpam  tersebut  juga  dibacakan  sambutan  Kepala Kepolisian  Republik  Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian oleh Inspektur Upacara Kompol  Hari Sutanto. Dalam sambutannya  Kapolri  Jendral  Tito Karnavian antara  lain mengatakan Satpam  yang sekarang  berumur 37 tahun dibentuk  oleh Kapolri  yang pada saat itu adalah Jendral Polisi Awaludin Jamin.  Satpam yang bertugas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban  di lingkungan kerja masing-masing  mesti perlu meningkatkan profesionalisme. Sehingga  Satpam cukup handal untuk menciptakan keamanan.  Maka  Satpam juga  perlu meningkatkan kemampuan bela diri.

Upacara HUT  ke-37 Satpam  di halaman  Markas Kepolisian  Resort (Mapolres) Klaten dihadiri perwakilan dari Kodim Klaten, Dodiklatpur,  para Kasat dan Kabag  Polres Klaten,  para Kapolsek jajaran Polres Klaten,  para pengelola jasa pengamanan, dan para tamu lainnya. Dalam  rangkaian upacara  HUT Ke-37 Satpam juga  diserahkan  piala pada  para  pemenang juara 1,2,  dan 3 lomba  yang  diselenggarakan dalam rangka  memperingati HUT ke-37 Satpam.  Untuk  memeriahkan HUT ke-37 Satpam  selesai upacara   dilakukan  demontrasi. Antara  lain  demontrasi penangkapan dan penggagalan aksi perampokan, demontrasi penanganan pabrik kertas yang terbakar, dan demontrasi bela diri bagi para anggota Satpam Ranger.

Kasat Binmas  Polres  Klaten AKP Nurwadi dalam  tugasnya juga  berperan sebagai pembina Satpam yang  ada di Kabupaten Klaten. Menurutnya Satpam di Kabupaten Klaten jumlahnya  kurang lebih 1.335 personil.  Satpam di Klaten, lanjut Nurwadi,  bekerja di  beberapa perusahaan. Secara  pereodik  para Satpam dilakukan pembinaan dari Binmas  Polres Klaten. Sehingga,  menurut  AKP Nurwadi Satpam di Kabupaten  Klaten  juga  dipantau keberadaannya.

Setelah  selesai rangkaian upacara HUT  ke-37 Satpam di halaman Mapolres Klaten,  kemudian semua personil Satpam  menuju Aula Mapolres  Klaten untuk  menikmati hiburan.  Namun sebelum menikmati hiburan,  terlebih dahulu  mendengarkan  sambutan dari Wakapolres  Klaten Kompol Hari Sutanto. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *