Siswa Kelas 9 Senin Besuk Menempuh USBN

BERITA KLATEN – Mulai Senin (1/4/2019) besuk siswa kelas 9 SMP/MTs mulai menempuh ujian sekolah berstandar nasional (USBN).  Di Kabupaten Klaten jumlah siswa kelas 9 SMP/MTs yang akan mengikuti USBN sejumlah 17433 siswa.

Demikian diungkapkan Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Tri Margianto, ketika ditemui di kantornya Kamis (28/3/2019) pekan lalu. Lebih lanjut dituturkan,  USBN akan dilaksanakan selama 6 hari. Kemudian yang diujikan semua mata pelajaran.  Untuk ujian praktek sudah dilakukan beberapa hari lalu sebelum pelaksanaan USBN. Soal-soal USBN dibuat oleh para guru yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Namun soal-soal ini dirahasiakan oleh para guru yang bersangkutan.

Mengenai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) akan dilaksanakan pada Senin s/d Kamis (22-25 April 2019). Mata pelajaran UNBK meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris,  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dari jumlah siswa SMP/MTs tersebut, terdiri SMP Negeri ada 65 SMP Negeri jumlah siswa ada 13.315, SMP swasta ada 1.686 siswa. Kemudian MTs Negeri ada 16, jumlah muridnya ada 1878 siswa,  dan MTs swasta ada 12 jumlah muridnya ada 554 siswa.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Masa,  ia didampingi Tri Margianto menjelaskan persyaratan kelulusan peserta didik  dari satuan pendidikan adalah, peserta didik dinyatakan lulus bila menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan lulus ujian satuan program pendidikan.

Kemudian, lanjut Lasa,  hasil UN digunakan sebagai dasar untuk pemetaan mutu program dan / atau satuan pendidikan,  pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, dan untuk pembinaan serta pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *