Search

Pentas Ken Dedes Di SD Kristen 3 Menakjubkan

KLATEN (BK). Penampilan para siswa SD Kriten 3 dan SMP Krtisten 1 Klaten dalam pentas ketoprak kolosal lakon Ken Dedes Putri Nariswari di Aula SD Kristen 3 Klaten sungguh menakjubkan, Sabtu (27/2).  Sebelum pentas ketoprak  diawali  penampilan anak-anak Play Group Krista Ceria yang mempesona.

Pementasan ketoprak dengan  lakon Ken Dedes yang dimainkan oleh siswa SD Kristen 3 berkolaborasi dengan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Kristen 1 sungguh elok.  Nampak dari kekuatan akting  dengan paduan  gending maupun iringan gamelan amat sangat sinkron. Ini menunjukan untuk pentas ketoprak  kolosal Ken Dedes Putri Nariswari sungguh dipersiapkan dengan  matang dan cermat. Yang lebih membanggakan lagi adalah dalam  pentas ketoprak kolosal ini pemain dan pengrawit (penabuh  gamelan) dilakukan oleh  para siswa SD Kristen 3 dan para siswa SMP Kristen 1 Klaten.  Ini menunjukkan bahwa komunitas dari Play Group (PG) Krista Caria,  Sekolah Dasar (SD)  Kristen 3, dan SMP Kristen  1 di Klaten sudah untuk tampil di mana  saja.

Adegan demi adegan pentas ketoprak   kolosal lakon Ken Dedes  Putri Nariswari ini  sungguh runtut dan apik, apalagi didukung dengan kostum yang serasi dengan kasting atau perannya. Tidak  ketinggalan setingan tata panggung di aula SD Kristen 3 tidak diragukan lagi keelokannya. Semuanya nyaris sempurna untuk mendukung suksesnya pentas seni ini.   Pementasan ketoprak lakon Ken Dedes  ini mendapat aplaus dari penonton yang  jumlahnya  kurang lebih mencapai 1.500-an. Mereka  dengan  penuh perhatian memperhatikannya. Apalagi bagi orang  tua yang putra atau putrinya  ikut  main ketoprak tersebut.

Penampilan siswa SD Kristen 3 Klaten dalam memainkan musik biola, (p,kus)
Penampilan siswa SD Kristen 3 Klaten dalam memainkan musik biola. (p,kus)

Pementasan ketoprak kolosal dengan lakon Ken Dedes  Putri Nariswari melibatkan  kurang lebih 300 siswa.  Keberhasilan pentas ketoprak  ini atas  kerja keras  Tutik Suharyani dan Bondan Nusantara   sebagai  sutradara. Dukungan  Kurniawan Septiadi sebagai penata gending gamelan yang handal. Semuanya dikemas dengan penuh nilai estetis.

Pentas seni ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan oleh  Play Group (kelompok bermain),  SD Kristen 3 Klaten,  dan SMP Kristen 1 Klaten.   Dalam pentas seni ini  bertujuan untuk memberi kesempatan para siswa untuk berekspresi dalam bidang seni sebagai muara kegiatan  skstra kurikuler sekolah.  Kegiatan ini juga merupakan  bagian dari pendidikan karakter bagi siswa. Dengan   kegiatan pentas    seni anak-anak dilatih  untuk disiplin, tanggungjawab, kerja keras, serta pentingnya kerja sama.

Sebelum pentas ketoprak   lakon Ken Dedes Putri Nariswari, diawali penampilan anak-anak Play Group (PG) Krista Ceria berupa pertunjukan opera yang bertema Alam Suka Cita  yang menggambarkan  keindahan alam ciptaan Tuhan. Setelah ditampilkan  paduan suara  dan musik biola oleh siswa SD Kristen 3 Klaten. (ksd)

Penampilan anak-anak Play Group (kelompok bermain) Krista Ceria opera tema Alam Suka Cita. (p.kus)
Penampilan anak-anak Play Group (kelompok bermain) Krista Ceria opera tema Alam Suka Cita. (p.kus)
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar