Upacara Peringatan Hardiknas Diikuti Sekitar 800-an Peserta

BERITA KLATEN-Ada sekitar 800-an siswa, mahasiswa, serta Korpri Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mengikuti upacara peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) di Alun-alun Klaten, Jateng, Kamis (2/5/2019) pagi tadi.

Dari jumlah sekitar 800-an peserta upacara peringatan Hardiknas tersebut adalah perwakilan siswa sekolah menengah pertama  (SMP), sekolah lanjutan atas, perwakilan sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK), dari mahasiswa antara lain Unwidha, Poltekes, dan STAIM. Kemudian jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten adalah Korwil Pendidikan yang ada di Wilayah Kecamatan  Klaten Tengah, Klaten Utara, Klaten Selatan, serta dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Klaten.

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan Hardiknas adalah Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Kemudian yang bertindak sebagai perwira upacara Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Lasa, dan yang bertugas komandan upacara ialah  Umbaran Kusnadi yang sehari-harinya sebagai guru SMA Negeri 1 Klaten. Petugas pengibar bendera merah putih tiga siswa SMA Negeri 1 Klaten. Untuk memeriahkan suasana peringatan Hardiknas yang bertugas  paduan suara dari SMP Negeri 2 Klaten. Petugas lainnya para siswa dari sekolah lanjutan atas.

Peringatan Hardiknas tahun 2019 ini mengambil tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Dalam peringatan Hardiknas ini sambutan dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhajir Efendi. Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan Irup  Sri Mulyani,  antara lain Mendikbud Muhajir Efendi mengungkapkan agenda 17 April 2019 adalah kegiatan Pemilu. Dalam kegiatan Pemilu serentak lalu menjadi pembelajaran bagi anak bangsa untuk berdemokratis. Selain itu, Mendikbud juga menuturkan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi untuk mempersiapkan anak didik menjadi insan mandiri, betakwa pada Tuhan, beraklak mulia, beriman, kreatif, warga Indonesia demokratis, dan bertanggung jawab.

Dalam kesempatan upacara peringatan Hardiknas tahun 2019 ini juga diserahkan piala pada para guru dan kepala  yang berprestasi. Mereka para guru dan kepala sekolah dari jenjang TK, SD, dan SMP yang berprestasi ada 18 guru. Mereka antara lain Siti Widyastuti guru TK ABA Ngerangan Bayat, Siti Badriyah guru TK Pertiwi Sidomulyo Delanggu, Putri Handayani guru TK Pertiwi Kenaiban Juwiring, Giyanti Kepala TK IT Taruna Teladan Delanggu, Nopa Eko Sudaryanti kepala TK Pertiwi Taji Juwiring, Sumiyati kepla TK Pertiwi Leses Manisrenggo.

Untuk guru SD adalah Lanjar Sei Widodo guru SD Negeri 1 Trucuk, Tri Indarti SD Negeri 1 Granting Jogonalan, Kustantinah guru SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom. Kemudian kepala SD yang berprestasi adalah Tri Susmiyati dari SD Negeri 2 Kendalsari Kemalang, Sutrini dari SD Negeri 2 Gondang Kebonarum, Maturoh dari SD IPK Muh Delanggu.

Selanjutnya untuk jenjang SMP,  guru  yang berprestasi adalah Suparmi guru SMP Negeri 1 Trucuk, Rosa Yusri Setyowati guru SMP Negeri 7 Klaten, Yuniwati guru SMP Negeri 1 Manisrenggo. Untuk Kepala SMP antara lain H Ismadi juara 1 Kepala SMP Negeri 1 Klaten, Aniek Sugesti Handayani juara 2 SMP Negeri 1 Ceper, dan juara 3 diduduki Titin  Windiyarsih Kepala SMP Negeri 1 Prambanan.

Dalam upacara peringatan Hardiknas tahun 2019 ini hadir selaku tamu undangan antara lain Sekretaris Daerah Jaka Sawaldi, Kepala Dinas Perhubungan Slamet W, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sri Nugroho, para kepala SMA, para kepala SMK, para kepala SMP, para kepala SD, para korwil pendidikan, dan tmu undangan lainnya.

Terkait pendidikan, sehubungan dengan SD Negeri yang akan diregrouping, menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan  Sri Nugroho SD Negeri di Kabupaten Klaten yang akan diregrouping ada 24 SD Negeri. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *