Jaga Harkamtibmas & Pilkada Aman Damai, Polres Klaten Gelar Doa Bersama

BERITA KLATEN – Polres Klaten meng-gelar doa bersama dalam rangka men-jaga pemeliharaan keamanan dan keter-tiban masyarakat (Harkamtibmas) serta mewujudkan pemilian kepala daerah (Pilkada) yang aman dan da-mai di halaman depan Masjid Al Mu’min Polres Klaten, Senin (3/8/2020) sore.

Hadir dalam kegiatan doa bersama ini antara lain Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Wakapolres Klaten Kom-pol Adi Nugroho, Ustad Dr H Kholilur-rohman, para Kabag, Kasat, Kasi Polres Klaten, Kapolsek jajaran Polres Klaten, perwakilan Polsek, anggota Polres, dan anak yatim piatu penerima santunan beserta pendamping.

Adapun susunan acara doa bersama tersebut adalah pembukaan, sambutan Kapolres Klaten, doa yang disampaikan oleh Ustad Dr H Kholilurrohman, pem-berian santunan kepada anak yatim pia-tu oleh Kapolres Klaten, dan diakhiri  ra-mah tamah.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Site-pu dalam sambutannya meminta jajaran Polres Klaten untuk memperkuat solidi-tas dan sinergisitas dengan TNI guna mewujudkan  Pilkada yang aman, lancar, dan damai. Anggota Polri dan TNI diminta untuk menjaga netralitas serta menghindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada.

“Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilakukan upaya pencegahan dan penanganan secara dini,”Kapolres menandaskan.

AKBP Edy Suranta Sitepu mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawas-lu, anggota DPRD, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Gelorakan Deklarasi Pilkada damai di masing-masing wilayah dengan mengi-kutsertakan elemen-elemen yang terli-bat dalam penyelenggaraan Pilkada, agar Pilkada di Kabupaten Klaten dapat berlangsung aman dan damai,”ajak Kapolres menandaskan.

Kapolres Klaten memerintahkan kepada jajaran Polres Klaten untuk menyusun rencana pengamanan secara detail dan melaksanakan latihan pada setiap ta-hapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi.

“Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pilkada yang diselenggarakan melalui sentra Gakkumdu, maupun potensi pelang-garan hukum lainnya guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif,” ungkap Kapolres menegaskan.(ksd/humas res)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *