Patung Andong Di Pertigaan Danguran Diresmikan Bupati Sri Mulyani

BERITA KLATEN – Patung andong lengkap dengan kudanya  di pertigaan Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jateng diresmikan oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani ditandai dengan penanda tanganan prasasti, Rabu (8/1/2020) pagi.

Patung andong beserta kudanya yang dibangun di pertigaan Desa Danguran dibangun dari dana bantuan keuangan dan dari dana swadaya masyarakat. Demikian dikatakan Kepala Desa Danguran Kamto Budi Santosa ketika diwawacarai Berita Klaten.com seusai prosesi peresmian patung andong di lokasi didirikan patung andong. Lebih lanjut Kamto Budi Santosa mengatakan beaya untuk membangun patung andong tersebut beayanya sebesar Rp100.000.000,–an.  “Untuk membangun patung andong tersebut juga dibantu oleh Camat Klaten Selatan,”ungkap Kades Kamto Budi Santosa.

Ditegaskan  Kamto Budi Santosa, didirikan patung andong adalah untuk ikon Desa Danguran. Warganya masa dulu kala kalau berangkat ke Pasar Wedi atau ke Klaten naik andong yang ditarik kuda. Adanya patung andong  dengan kudanya akan mengingatkan pada jaman dulu. Patung andong tersebut tepatnya didirikan tepat di pertigaan Danguran. Dari arah Bendogantungan persis di pertigaan Danguran yang memecah ke arah Dodiklatpur dan ke arah Wedi.

Setelah Bupati Klaten Hj Sri Mulyani meresmikan patung andong ditandai dengan menandatangani prasasti, dilanjutkan photo selfi warga masyarakat Danguran photo selfi dengan Bupati Hj Sri Mulyani. Kemudian meninggalkan pertigaan Danguran menuju Desa Sumberejo.

Kemudian  dilanjutkan kegiatan sambang desa di Desa Sumberejo. Dalam kegiatan sambang desa di Desa Sumberejo ada pelayanan periksa kesehatan. Antara lain cek tensi, periksa gula darah sewaktu, konsultasi gizi, juga konsultasi dokter. Untuk layanan kesehatan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Klaten, dan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten.

Dalam kesempatan sambang desa juga melayani mengenai kependudukan. Pelayanan kependudukan dilakukan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kegiatan sambang desa juga ada kegiatan penjualan makanan kecil merupakan UMKM.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengungkapkan, kegiatan sambang desa juga untuk melayani masyarakat mengenai surat kependudukan. Akan dilayani dalam membuat KTP, kartu KK, rekam e-KTP dan lainnya.

Dalam kesempatan sambang desa yang pertama pada tahun 2020 ini Bupati Hj Sri Mulyani juga menyampaikan pada warga di Sumberejo agar selalu menjalin semangat kebersamaan. Hidup toleransi mesti terus dijaga dalam kehidupan di masyarakat.

Sambang warga dan peresmian patung andong sekalian kudanya dihadiri para kepala desa di Kecamatan Klaten Selatan. Pejabat Muspika Klaten Selatan juga hadir di Desa Danguran dan Desa Sumberejo. Untuk menyemarakkan dua kegiatan tersebut juga ada arakan prajurit kraton, dan ada hiburan musik dari group musik Desa Danguran.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *