SMP Negeri 2 Karangnongko Meski Di Kaki Merapi KBM Daring Jalan Lancar

BERITA KLATEN – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Karangnongko meski berada di kaki Gunung Merapi tepatnya di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tetapi kegiatan belajar mengajar (KBM) lewat media dalam jaringan (daring) dapat berjalan lancar.

Demikian dikatakan Kepala SMP Negeri 2 Karangnongko Anik Ariastuti,  ketika ditemui di ruang kantornya, Kamis (8/10/2020). Ia lebih lanjut mengatakan dengan media daring beberapa aplikasi digunakan oleh para guru untuk menyampaikan materi pelajaran pada siswa.

“Untuk  pelaksanaan KBM daring, sebelumnya saya mempersiapkan para guru agar terampil mengoperasikan sarana informasi teknologi (IT) yang akan digunakan sebagai alat  KBM lewat daring,”ungkap Anik Ariastuti.

Setelah para guru terampil mengoperasikan beberapa aplikasi menggunakan sarana informasi teknologi berupa laptop, pc computer, maupun hand phone android, kemudian  para guru melakukan KBM lewat daring. Aplikasi yang yang digunakan antara lain Google zoom (webinar), Google classroom, juga menggunakan whatsApp. KBM di masa pandemi virus korona atau Covid-19 ini selain lewat daring juga lewat luar jaringan (luring).

Untuk mendukung kreasi guru dalam KBM daring, dewan guru SMP Negeri 2 Karangnongko juga membekali diri dengan belajar  mengoperasikan aplikasi MS Office 365 Sway. Dengan meningkatkan ketrampilan aplikasi MS Office yang varian menjadikan pembelajaran lewat daring yang menyenangkan bagi siswa. Guru dalam melakukan KBM dapat dari ruang guru, ruang komputer, maupun dari ruang kelas.

Materi KBM daring yang diberikan pada siswa per hari ada 2 mata pelajaran (mapel) yang diberikan pada siswa. Setiap hari, pada pagi hari diawali absensi lewat link form dan dilanjutkan dengan kegiatan  literasi digital. Siswa dengan mengisi jurnal literasi setiap hari sebelum penyampaian mata pelajaran. Contohnya, misalnya terus disampaikan materi mata pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia, dan tentunya mapel yang lain sesuai kurikulum. Untuk literasi siswa dibebaskan memilih tema literasi. Setelah siswa memilih tema literasi yang bebas mengambil dari mana saja, siswa membaca literasi dari mana saja. Boleh dari internet, atau koran, atau apa saja. Kemudian siswa membuat laporan mengenai literasi yang dibacanya. Laporan diketik dalam hand phone yang digunakan daring oleh siswa.

Mengungkapkan kendalanya KBM daring, Anik Ariastuti menuturkan ada juga kendalanya. Menurutnya kendala yang dihadapi  KBM daring adalah sinyal yang kadang tersendat, tidak semua siswa mempunyai hand phone android, dan hand phone yang membawa orang tua. Karena itu anak terlambat absensi lewat daring. Maka waktu untuk presensi sampai pukul 12.00.

Bagi siswa yang ada kendala mengoperasikan hand phone, atau tidak mempunyai hand phone diperbolehkan datang di sekolah untuk mengerjakan di ruang atau laboratorium komputer. Bila mengalami kesulitan dibantu oleh guru. SMP Negeri 2 Karangnongko juga sudah dibentuk tim IT para guru.

Bila tidak dapat mengikuti KBM lewat daring, para siswa belajar di rumah atau home schooling. Guru yang akan datang ke rumah siswa (home visit). Sehingga dalam pandemi virus korona atau covid-19 ini KBM di SMP Negeri 2 Karangnongko dapat berjalan lancar baik KBM lewat daring maupun KBM luar jaringan.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *