Guru SMP Mengikuti Pelatihan Penyusunan Kurikulum

BERITA KLATEN-Kurang lebih sejumlah 250 orang guru sekolah menengah pertama (SMP) di Klaten, Jateng, mengikuti pelatihan penyusunan kurikulum SMP 2020 di SMK Muhammadiyah Klaten Utara, Senin – Kamis (10-13 Peb 2020).

Peserta pelatihan penyusunan kurikulum SMP tahun 2020 gelombang 1 adalah guru mata pelajaran Agama Islam, Penjaskes, Prakarya, PKN, Bahasa Jawa, dan Budaya yang diikuti guru negeri maupun guru swasta.  Dengan mengikuti workshop (pelatihan) penyusunan kurikulum SMP para guru SMP akan meningkat kemampuannya melakukan kegiatan belajar mengajar.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Tri Margianto, dalam laporan penyelenggaraan pelatihan penyusunan kurikulum SMP antara lain mengungkapkan, tujuan umum program workshop penyusunan secara umum bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan kemampuan warga sekolah dan pemahaman kepentingan di sekolah untuk melaksanakan dan menjamin keterlaksanaan kurikulum 2013.

Kemudian tujuan khusus, secara khusus workshop penyusunan kurikulum 2013 di seluruh SMP negeri / swasta sebagai berikut, bagi guru tujuan utama adalah bahwa guru meningkatkan ketrampilan operasionalnya dalam menyusun RPP, dan lainnya untuk meningkatkan kemerdekaan siswa.

Disampaikan  juga nara sumber pelatihan penyusunan kurikulum SMP Tahun 2020 adalah para guru yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan Lasa  Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Klaten Wardani Sugiyanto dalam sambutannya antara lain mengungkapkan para guru dalam mengajar jangan hanya kelas mendatar tetapi juga mengajar vertikal.  Jangan hanya megang kelas 1 saja, tetapi juga mengajar kelas 2 maupun kelas 3. Untuk mengetahui karakter  siswa mesti dipantau dari kelas 1 hingga kelas 3. Guru akan mengetahui karakter siswa dari kelas 1 hingga kelas 3. Dalam mengajar kompentesi guru ada 14 kompetensi pertama guru mesti mengetahui karakter siswa, bagaimana siswa yang didampingi. Kemudian guru selanjutnya bagaiamana kopentensi metode mengajarnya, dan kompetensi lainnya.

Kepala Bidang SMP Lasa pada wartawan mengatakan, workshop pelatihan penyusunan kurikulum SMP gelombang 2 akan dilaksanakan pada Senin (17/2/2020) pekan depan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *