Jenasah Kolonel Kavaleri Anumerta Bambang Kristianto Bawono Dimakamkan Di TMP Ratna Bantala

BERITA KLATEN – Komandan Kodim 1011 Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah  Letnan Kolonel Kav Bambang Kristianto Bawono yang gugur dalam melaksana-kan tugas dimakamkan di Taman Ma-kam Pahlawan Ratna Bantala Klaten, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020). Berdasarkan surat keputusan Presiden, almarhum Bambang Kristianto Bawono dinaikan satu tingkat pangkatnya menjadi Kolonel Kavaleri Anumerta.

Upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala Klaten dilakukan dengan upacara militer.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Jawa Tengah Mayor Jendral Muh Efendi. Sedangkan sebagai perwira upacara adalah Kapten Cba Meliana Heri Sugiarto.

Disampaikan oleh Perwira Upacara  Almarhum Bambang Kristianto Bawono Anumerta mengemban jabatan Komandan Kodim 101 Kuala Kapuas, Kesatuan Kodim 1011 Kuala Kapuas, Korem 102 Panju-panju. Almarhum Bambang Kritianto Bawono lahir di Garut pada 12 Desember 1978, putra pasangan Almarhum Brigjen Pol Dekarno dan Neneng Iriani. Pendidikan yamg ditempuh adalah S1 dan Akademi Militer. Almarhum Bambang Kristianto Bawono meninggalkan seorang isteri dan dua anak,  laki dan perempuan yang masih usia sekolah dasar. Tanda jasa yang dipunyai adalah Satya Lencana Kesetiaan, dan Satya Lencana Dharmanusa. Ia gugur dalam menjalankan tugas pada Senin (9/3/2020).

Nampak ikut melayat di TMP Ratna Bantala Klaten adalah Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Assisten Bupati dr Ronny Roekmito, dan beberapa orang pejabat Pemkab Klaten, Danrem Surakarta Brigjen Rafael, juga datang melayat Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Dandim Klaten Letkol Minarso,  dan beberapa Dandim lainnya, serta para pelayat lainny dari anggota TNI dan Polri.

Upacara pemakaman di TMP Ratna Bantala Klaten dilaksanakan sekitar pukul 16.00 dapat berjalan lancar. Nampak menghantar ke peristirahatan terakhir di TMP Ratna Bantala Klaten isteri dan anaknya, keluarganya, para handai tolan, dan lainnya. Pelaksanaan pemakaman berjalan lancar.

Pangdam IV Diponegoro Jawa Tengah Mayor Jendral Muh Efendi seusai memimpin apel persada pemakaman Almarhum Kolonel Kav Anumerta Bambang Kristiono Bawono menjawab pertanyaan wartawan ia mengatakan Almarhum Bambang Kristiono Bawono gugur karena kecelakaan waktu naik speedboat bersama Paspampres ketika melaksanakan tugas akan meninjau tempat yang akan dikunjungi Ratu Belanda bersama Presiden Joko Widodo. Speedboat yang ditumpangi Dandim Bambang Kristiono Bawono tabrakan dengan speedboat juga di sungai Kapuas, di Palangkaraya. “Berdasarkan keputusan Presiden pangkatnya dinaikan satu tingkat,”jelas Pangdam Muh Efendi.

Sebelum dimakamkan di TMP  Ratna Bantala Klaten, jenasah disemayamkan di rumahnya di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di rumahnya dilakukan ibadat doa jenasah secara agama Kristen Protestan dipimpin Pendeta Gereja Kristen setempat.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *