Sampai Hari Ke-4 Ada 73 Jiwa Warga Balerante Dievakuasi

BERITA KLATEN – Sampai hari ke-4  sudah ada 73 jiwa warga Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah yang dievakuasi ke pengungsian di Balai Desa Balerante, Selasa (10/11/2020).

Demikian dikatakan Kepala Desa Balerante Sukono ketika ditemui di kantornya sepulang dari kegiatan kemasyarakatan. Lebih lanjut Sukono menuturkan, pada hari pertama, Sabtu (7/11/2020) warga Desa Balerante yang dievakuasi ada ada 67 jiwa.  Selanjutnya pada hari ke-2 ada 70 jiwa, dan pada hari ke-3 ada 73 jiwa. Sampai pada hari ke-4 tidak bertambah.

Sukono menjelaskan prioritas warga yang dievakuasi yang rentan dari Dusun Gondang, Ngipiksari, dan Sambungrejo.  Warga kelompok rentan adalah warga yang sudah tua (sepuh), wanita hamil, warga yang ada anak kecil. Menyinggung jumlah warga yang ada di kawasan rawan bencana (KRB) jumlahnya ada 570-an jiwa. Untuk jumlah warga penduduk Desa Balerante ada 1998 jiwa.

Menyinggung hewan yang sudah  dievakuasi kemarin ada 2 sapi,  kemudian hari ini tambah 3 ekor.  Jadi sampai hari Selasa (10/11) ada 5 ekor sapi.  Menjawab pertanyaan  wartawan kapasitas kandang untuk evakuasi ternak ada 270 ekor.  Bila nantinya penuh ditempatkan di lapangan. Untuk peralatannya termasuk kandang di lapangan belum dibuat.

Dua orang wanita pengungsi Lasiem dan Mindi, mengatakan lebih enak di rumahnya sendiri. Tetapi demi keselamatan maka mengungsi di Balai Desa  Balerante mesti diindahkan. Karena pengakuan dari Lasiem dan Mindi demi keselamatan mesti  mau mengungsi. (ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *