Ruas Jalan Kepurun – Panggang Ada Yang Parah

BERITA KLATEN – Kurang lebih sepanjang 4 kilo meter jalan dari Desa Kepurun menuju Desa Panggang ada ruas jalan yang rusak parah.  Jalan tersebut mestinya juga dapat untuk jalur evakuasi ketika Gunung Merapi terjadi erupsi sewaktu-waktu.

Demikian dikatakan Calon Bupati Klaten nomor 3  Arif Budiyono (ABY) ketika lewat jalan tersebut sepulang dari mengunjungi pengungsi di Desa Balerante, Selasa (10/11/2020) kemarin. Lebih lanjut ABY yang berpasangan dengan Harjanta (HJT) mengungkapkan mestinya Pemerintah Kabupaten Klaten memperbaiki ruas jalan yang rusak ini. Menurutnya jalan jurusan dari Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo menuju Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupten Klaten, Jawa Tengah ini perlu diperbaiki dengan konstruksi yang benar.  Jalan jurusan Kepurun – Panggang, selanjutnya menuju Desa Balerante  yang dekat dengan puncak Gunung Merapi.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai jalan yang berkwalitas baik, ABY yang berpengalaman sebagai pengawas pembangunan jalan di Indonesia, dengan posisi jongkok sambil mengamati ruas jalan yang kondisi rusak, ABY  mengatakan standart yang baik adalah jalan beton (rigit teknis).  Ketebalan  beton antara 26 – 32 cm.  Kendaraan truk yang lewat mengangkut galian C  tonase mestinya harus dibatasi, agar jalan tidak cepat rusak.

Jalan aspal jurusan  Kepurun – Panggang ini konstruksinya bangunannya tidak memenuhi lapisannya. Mestinya dibangun harus rigit teknis, bukan fleksibel teknis.

ABY mengatakan  jalan yang digunakan untuk jalur evakuasi pengungsi mestinya diperbaiki. Sehingga bila jalannya baik evakuasi dapat lancar dan kuat.

“Bila memperbaiki ruas jalan Kepurun – Panggang konstruksinya yang benar,”ungkap ABY pada wartawan.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *