KBM Daring SD Di Kecamatan Wedi Sudah Berjalan

BERITA KLATEN – Sejak diberlakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) lewat dalam jaringan (daring) karena masa pendemi korona, semua sekolah dasar (SD) Negeri maupun swasta di wilayah Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jateng sudah berjalan.

Demikian dikatakan Sudibyo selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Wedi, ketika ditemui di kantornya, Rabu (14/10/2020) pagi. Lebih lanjut Sudibyo mengungkap-kan, untuk KBM daring di Kecamatan Wedi sudah berjalan. Di Kecamatan Wedi jumlah sekolah dasar ada 32, terdiri dari 25 SD negeri dan 7 SD swasta.

Menyinggung kesiapan SD bila uji coba KBM tatap muka dilaksanakan pada Bulan November menurut Sudibyo sudah ada sekitar 95%.  Sekolah sudah mempersiapkan pengaturan tempat duduk, masker, juga face field. Selain itu  juga sudah disiapkan kran air untuk cuci tangan, dan sekolah sudah menyiapkan thermogran.

Menjawab pertanyaan wartawan kesiapan orang tua siswa untuk dilaksanakan KBM tatap muka, sebagian besar orang tua siswa ingin kembali pembelajaran tatap muka. Tetapi menurut Sudibyo perlu dikaji secara mendalam untuk melaksanakan KBM tatap muka.  Perlu melihat dinamika masa pandemi virus korona atau covid-19 ini. Bila situasi pandemi virus corona benar-benar sudah masuk zona kuning berarti sudah aman.

Untuk siswa SD diarahkan  agar menjaga jarak di sekolah mesti perlu didampingi agar siswa SD memahami menjaga  jarak  (social distancing) ketika berada di sekolah.  Orang tua siswa, lanjut Sudibyo,  ada yang merasa khawatir bila dilaksanakan KBM tatap muka. Karena itu untuk melaksanakan KBM tatap muka Sudibyo menegaskan dikaji  secara cermat.

Menyinggung kendala pelaksanaan KBM lewat daring, Sudibyo mengungkapkan kendalanya mengenai paket kouta, sinyal, dan sarana prasarana.  Bagi orang tua yang tidak mempunyai hand phone android ya kesulitan mengikuti KBM lewat daring. Selama ini aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring adalah whatsAap dan ada yang google zoom, dan ada yang manual.

Kepala SD Negeri Karang Suyanto, ketika  ditemui di kantornya mengungkapkan  baiknya selain SD Negeri Karang ada yang untuk uji coba KBM tatap muka. Di SD Negeri Karang kesiapan sarana pendukung KBM tatap muka sudah lengkap.

Sudibyo pesannya pada siswa SD yang masih melaksanakan pembelajaran lewat daring, jangan banyak main yang tidak perlu. Kurangi berkerumun dengan teman-temannya. Kerjakan tugas-tugas dan dikumpulkan tepat waktu, dan agar dikerjakan sendiri. (ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *