Ndalem Tani Menjadi Sarana Rekreasi & Edukasi Pertanian

BERITA KLATEN – Resto Ndalem Tani di Desa  Janti,  Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, yang dilaunching  hari Minggu (18/10/2020) menjadi sarana rekreasi dan edukasi pertanian.

Konsep untuk menciptakan dunia kuliner yang berbeda dengan lainnya di antero wilayah Kecamatan Polanharjo yang terkenal wisata  di pedesaan Polanharjo ini diungkapkan oleh Iman Santosa yang mengelola Resto Ndalem Tani. Iman Santosa yang didampingi oleh owner Resto Ndalem Tani  Budiyanto, memaparkan konsep kuliner yang akan disuguhkan pada para pengunjung  Resto Ndalem Tani di Desa Janti, Polanharjo, tepatnya di Jalan Mangunsuparnan.

Ketika memasuki lokasi Resto Ndalem Tani di Desa Janti, Polanharjo suasananya seperti berada di perdesaan petani. Adanya bangunan tempat untuk kandang kerbau, joglo nuansa perkampungan petani yang ada di depan mata memandang.  Iman Santosa menuturkan Resto Ndalem Tani yang dibuka pada tanggal 15 Agustus 2020 juga akan dijadikan  sarana rekreasi dengan menikmati menu makanan pedesaan, tempat-tempat untuk foto selfi suasana ndeso,  juga untuk edukasi atau pembelajaran pertanian. Karena itu akan dibuat ruangan museum pertanian.

Budiyanto, di Desa Janti biasa disapa Kuntoro,  mengatakan Resto Ndalem Tani ingin dibuat beda dengan obyek wisata di antero Kecamatan Polanharjo. Menurut Budiyanto yang ada selama ini obyek wisata di Kecamatan Polanharjo adalah kolam renang dan pemancingan. Budiyanto di Resto Ndalem Tani diciptakan suasana pertanian, menu ndeso, juga akan disediakan permainan anak, juga untuk edukasi pertanian dengan suasana petani tradisional.

Untuk menu makanan  yang disajikan adalah makanan tradisional petani Jawa, ialah nasi wiwit, telung warno nasi, ialah nasi putih, nasi merah, nasi tiwul, juga ada nasi selamatan midodaren, dengan lauk pecel, gudangan, gereh pethek, serta daging ayam. Ketika makan di gubug pedesaan, memandangi kandang kerbau, juga alat-alat untuk bertani tradisional seperti ada luku, garu, dan alat lainnya. Selain itu, suasana alunan musik dengan petikan gitar akustik menambah rasa asyik penuh kenangan ndeso.

Iman Santoso juga menuturkan, budayawan, seniman lukis dari Polanharjo juga diajak kerja sama untuk  menyemarakkan dengan memajang hasil karya di Resto Ndalem Tani. Bila pengunjung tertarik hasil karya lukis dapat membelinya.

Menjawab pertanyaan wartawan yang meliput launching Resto Ndalem Tani, Iman Santosa mengatakan Resto Ndalem Tani buka pukul 10.00,  dan tutup pukul 20.00. (ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *