Gelar Pasukan Pengamanan Natal & Tahun Baru Diikuti 625 Personil

BERITA KLATEN – Untuk mengamankan hari raya Natal 2019 dan tahun  baru 2020 Polres Klaten melaksanakan gelar pasukan di lapangan KSDC Mapolres Klaten, Kamis (19/12/2019) pagi. Peserta gelar pasukan tersebut ada 625 personil.

Apel gelar pasukan pengamanan operasi lilin candi dipimpin oleh Wakapolres Klaten Kompol Moch Zulfikar bersama Kasdim Kodim Klaten Mayor Inf Sapto Budi. Peserta apel gelar pasukan pengamanan Hari Raya Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 diikuti semua satuan Polres Klaten antara lain Satuan Reskrim, Narkoba, Intel, Dalmas, anggota Polsek, dan Satuan Lantas. Selain dari Polres Klaten peserta apel gelar pasukan adalah TNI, Dishub, Satpol PP, RAPI, ORARI,  Senkom, dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Apel gelar pasukan ini juga untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan, pemangku kepentingan yang dilibatkan untuk mengamankan Hari Raya Natal 2019 dan tahun baru 2020 di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Apel gelar pasukan pengamanan Hari Raya Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 dilakukan serentak nasional.

Dalam apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2019 ini dihadiri PJu Polres Klaten, semua Kapolsek, Forkompinda Kabupaten Klaten, semua instansi yang dilibatkan operasi lilin candi tahun 2019 ini.

Amanat Kapolri Jendral Idham Azis yang dibacakan oleh Wakapoleres Klaten Kompol Moch Zulfikar antara lain mengatakan bahwa operasi lilin candi 2019 ini untuk menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi warga masyarakat dalam merayakan hari Raya Natal dan tahun baru 2020.

Ketika diwawancarai wartawan, Kompol Moch Zulfikar menyampaikan pasukan yang diterjunkan untuk pengamanan operasi lilin candi ada 625 personel. Untuk pos pengamanan ada 2. Ialah di Pos Karang Delanggu dan di depan pintu gerbang gedung RSPD Klaten. Sedang pos pelayanan ada di Pos Mitra Prambanan. Wakapolres Klaten Kompol Moch Zulfikar juga mengatakan nanti menjelang perayaan Misa Malam Natal akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja. Pengamanan gereja juga akan melibatkan keamanan internal gereja. Himbauan Moch Zulfikar pada warga masyarakat agar terlibat pengamanan bersama TNI dan Polri pada hari Raya Natal dan tahun baru 2020. Pada warga yang mudik agar hati-hati mengendara.

Terkait hasil operasi minuman keras (miras) yang dilakukan bulan Juni lalu hingga bulan Desember 2019 ini disita 275,2 liter dan 753 botol miras. Jenis miras yang berhasil disita dari beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten antara lain ciu, anggur merah, anggur koleson, whisky, vodka,  dan jenis miras lain-lainnya. Jenis minuman  yang disita itu kemudian dimusnakan dengan cara digilas. Pemusnahan miras tersebut disaksikan para pejabat yang hadir di apel gelar pasukan operasi lilin candi 2019.

Selesai pemusnahan miras diteruskan ekspose penangkapan narkoba. Konferensi pers juga dilakukan oleh Wakapolres Klaten Kompol Moch Zulfikar. Kapolres AKBP Wiyono Eko Prasetyo tidak ada di Mapolres Klaten karena mengikuti apel gelar pasukan lilin candi di Mapolda Jawa Tengah.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *