Kapolda Jateng Resmikan Kampung Siaga Candi Di Kabupaten Klaten


BERITA KLATEN – Ada 401 Kampung Siaga Candi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diresmikan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, di Balai Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Senin (20/7/2020).

Selain meresmikan Kampung Siaga Candi, Kapolda Jawa Tengah (Jateng) juga menebar bibit atau benih ikan nila kurang lebih sejumlah 40.000 ekor di kolam ikan yang ada di sebelah barat Kantor Desa Nglinggi. Penebaran bibit ikan nila di kolam ikan tersebut dilakukan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, mewakili Pangdam IV Diponegoro Komandan Korem Wiratrastama Surakarta Kolonel Inf Rano Tilaar, Dandim Klaten Letkol Minarso, Kapolres Klaten AKBP Edi Suranta Sitepu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Anggota DPR Komisi 3 Eva Yuliana, dan para PJU Polda Jawa Tengah.

Kapolres Klaten dalam sambutannya  antara lain mengatakan Desa Nglinggi merupakan desa yang terkenal guyub, dan semangat gotong royongnya. Karena di Desa Nglinggi sudah disiplin melaku-kan protokol kesehatan dalam masa pandemi virus corona atau covid-19 maka di Desa Nglinggi tidak ada warga-nya yang positif terpapar virus corona. Kemudian di Desa Nglinggi juga ada lumbung padi dan juga posko kesehatan.  Warga masyarakat juga menyumbangkan hasil panenannya pada lumbung padi. Tiap hari Jumat warga menaruh sembako di posko untuk warga yang membutuhkan. Dalam peresmian kampung siaga candi di Kabupaten Klaten diikuti dengan zoom meeting oleh seluruh Kades di masing-masing kecamatan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutannya antara lain mengungkapkan pandemi virus corona ini terjadi di seluruh negara di dunia ini.  Untuk menyikapi pandemi covid-19 ini ia mengapresiasi Polres Klaten yang sudah mendirikan kampung siaga covid-19. Kapolda Jawa Tengah juga menyitir instruksi Presiden Joko Widodo pada HUT ke-74 Bhayangkara. Salah satunya bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mestii ikut mendisiplikan masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam masa pandemi.  Polres Klaten sudah menjalankan untuk mendisiplinkan untuk mengadaptasi kebiasaan baru. Di Klaten sudah ada kampung siaga covid-19 jumlahnya ratusan. Warga masyarakat Klaten sudah memakai masker bila keluar dari rumah. Kerja di sawah juga memakai masker.  Kapolda Jateng berharap pandemi virus corona segera  berakhir.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain melaporkan keberhasilan yang sudah dicapai Kabupaten Klaten. Berhasilnya kerja sama dengan lembaga nuklir Batam untuk menciptakan varietas padi. Ada 2 macam varietas padi rojolele, ialah varietas srinar dan srinuk. Keberadaan Gunung Merapi sekarang juga dilaporkan. Kondisi sekarang dalam waspada.

Anggota DPR Komisi 3 Eva Yuliana dalam sambutannya sangat mengapreasi Pemkab Klaten, dan Polres Klaten  serta Kodim Klaten yang telah kompak menghadapi pandemi virus corona. Kegiatan baksos dalam Jumat Berkah menjadi kegiatan yang positip. Menurut Eva Yuliana kegiatan Jumat Berkah juga disampaikan dalam rapat Komisi 3 dengan Kapolri. Eva Yuliana sangat respek Polres Klaten.

Peresmian kampung siaga candi di Balai Desa Nglinggi dihadiri semua Kades di Wilayah Kecamatan Klaten Selatan. Muspika Klaten Selatan, dan perwakilan Muspika masing rayon di Kabupaten Klaten, serta tamu undangan lainnya.

Selesai peresmian kampung siaga covid-19 dan penyebaran benih ikan nila Kapolda Jawa Tengah beserta rombongan menuju ke Kecamatan Polanharjo untuk melakukan panen raya padi di Desa Ponggok, dan panen ikan di Desa Nganjat, serta meresmikan kolam renang Tirto Kamandanu. Kolam renang Tirto Kamandanu yang diresmikan Kapolda Jawa Tengah berukuran standart nasional.(ksd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *