Kodim Klaten Bersama BNPB & Relawan Klaten Tanam Vetiver Untuk Cegah Longsor

BERITA KLATEN – Kodim 0723 Klaten bersama dengan BNPB dan relawan melaksanakan penanaman vetiver guna mencegah terjadinya longsor dan banjir bantaran sungai Dengkeng di Desa Beluk dan Desa Kebon Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (19/12/2020)

Kegiatan penanaman vetiver di hadiri langsung  Lilik Kurniawan selaku Deputi 2 pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana pusat, Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, Sekda Klaten  Jaka Sawaldi, serta Muspika Bayat.

Dalam wawancara dengan media, Dandim Klaten menuturkan bahwa penanaman vetiver kali ini di lakukan di Desa Beluk dan Desa Kebon dengan panjang lahan 500 meter, lebar 3 meter ditanam bibit vetiver  sejumlah 3.000 ikat.

Menurutnya, dengan penanaman vetiver akan dapat mencegah terjadinya erupsi tanah, sehingga dapat meminimalisir kerawanan bencana longsor dan banjir yang ada di wilayah kabupaten klaten.

“Tanaman vetiver memiliki akar serabut yang panjang dan dapat mengikat tanah dengan kuat, selain itu juga memiliki nilai ekonomi buat warga. Tanaman vetiver disebut juga akar wangi, yang merupakan bahan baku pewangi,” kata Dandim Klaten.

Sedangkan menurut Lilik Kurniawan, dengan adanya kegiatan ini, mampu memperbaiki lingkungan yang ada di wilayah Klaten terutama bencana yang ada kaitannya dengan hidrometrologi yaitu banjir, tanah longsor ataupun angin puting beliung.

Deputi 2 Pencegahan BNPB tersebut menuturkan bahwa dukungan masyarakat sangat dibutuhkan, dengan cara senantiasa menjaga lingkungan dengan baik, sehingga dapat meminimalkan resiko bencana yang ada.

“Jangan biarkan kerusakan yang ada di hulu, karena itu dapat menimbulkan kerusakan yang ada di bawah atau di hilir, masalah bencana erat hubungannya dengan kerusakan lingkungan,”ungkap Deputi 2 Pencegahan BNPB.

Dirinya juga berharap kepada seluruh masyarakat bersama dengan unsur yang ada untuk berusaha meninggalkan warisan kepada generasi yang akan datang dengan senyuman dan bukan dengan bencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Balai Besar wilayah sungai Bengawan solo (BBWS), DPU SDA Jateng, Relawan Sungai, Relawan MPA Bayat, Relawan Semut Geni, MTA, PMI, Polres Klaten dan masyarakat Bayat, serta Pendim Klaten. (ksd/humas kodim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *