Sragen I & Wonogiri I Serobot Juara 1 Pesta Siaga

 34 total views,  1 views today

KLATEN (BK). Pesta siaga se Solo Raya yang diselenggarakan di Kompleks PG Gondangbaru, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (26/3) juara 1  putri berhasil   direbut oleh Barung  Sragen 1 dengan perolehan nilai 1385. Sedangkan  untuk    juara 1  putra diduduki Barung Wonogiri 1 dengan nilai 1352.

Itulah  setelah  dilakukan penghitungan secara cermat  dari  sebanyak 19 pos warung  yang dikerjakan bagi adik-adik siaga. Semua guna  mendalami pengetahuan kepramukaan bagi adik-adik  siaga.  Di tempat-tempat pos warung adik-adik siaga akan mengerjakan secara bersama. Selanjutnya juara 2  putri ditempati Barung  Surakarta 1 dengan nilai 1383,  dan juara 3 ditempati Barung Wonogiri 2 dengan perolehan nilai 1369. Untuk juara 2  putra diduduki Barung Wonogiri 3 dengan perolehan angka 1342,  sedang juara 3 putra diduduki Barung Karanganyar 2 memperoleh nilai 1338.

Upacara pembukaan Pesta Siaga digelar  di halaman  depan home stay komplek PG Gondangbaru, Jogonalan, Klaten. Bertindak sebagai pembina  upacara  pembukaan Pesta Siaga se Solo Raya adalah Ketua  Kwartir Daerah  Provinsi Jawa Tengah, Budi Prayitno. Bertindak sebagai  sulung adalah  Arjuna siswa kelas 4 dari SD Negeri  1 Klaten. Upacara diikuti  40 barung, anggotanya mencapai sekitar 440-an adik siaga. Menurut salah seorang panitia Pesta Siaga  se Solo Raya Kak Anik  rencana  tiap kwartir cabang  (Kwarcab)   mengirim  6 kontingen  yang terdiri 3 barung  putri dan 3 barung putra. Tetapi Kwarcab Boyolali  mengirim 4 kontingen. Ialah  dua barung putri dan   dua barung putra.

Ka Kwarda Provinsi Jawa Tengah Budi Prayitno menyematkan tanda peserta pesta siaga se Solo Raya. (p.kus)
Ka Kwarda Provinsi Jawa Tengah Budi Prayitno menyematkan tanda peserta pesta siaga se Solo Raya. (p.kus)

Budi Prayitno arahannya dalam upacara pembukaan pesta siaga kali pertama menanyakan pada anak-anak siaga ialah, anakku apa siap mengikuti pesta siaga? Dengan lantangnya  anak-anak menjawab siap mengikuti pesta siaga.  Kemudian Budi Prayitno  antara lain mengungkapkan  anak-anak di dalam pesta siaga  akan mengerjakan soal-soal yang diberikan dari para juri.   Baik mengenai pengetahuan kepramukaan, mengenai seni budaya dan lainnya.  Anak-anak yang terpilih untuk ikut pesta siaga di Gondang ini  adalah anak-anak yang tangguh se Solo Raya.  Anak-anak yang ikut datang di sini adalah calon pemimpin negara.

Dan yang  perlu dimengerti oleh anak-anak  datang ikut pesta siaga ini bukan  untuk mencari juara.  Tetapi anak-anak akan bertemu dengan teman-teman se Solo Raya.  Dalam pesta siaga ini tidak ada yang kalah. Dalam pesta siaga  se Solo Raya ini hanya untuk memilih yang nantinya akan mewakili  wilayah se Solo Raya untuk mengikuti pesta siaga di ringkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada Berita Klaten  Budi  Prayitno mengatakan, tujuan utama  pertama pesta siaga mewrupakan kegiatan secara rutin mulai 30 tahun lalu di Jawa Tengah. Kegiatan pesta siaga sangat ditunggu oleh adik-adik siaga  yang dilakukan secara berjenjang. Dari  tingkat   kecamatan hingga  jenjang provinsi. Ini yang sangat menarik  dalam pesta siaga. Tujuannya  dalam Dwi Dharma Siaga itu berbhakti pada ayah bundanya,  dan ke dua berani dan tidak putus asa. Dalam rangka  mengaktualisasi ini dan sambil  belajar  memahami temannya yang kreatif dan lebih lebih. Dalam keceriaan  bersama dengan teman-teman untuk belajar bersama.

Anang Widayaka  sebagai Ketua Kwartir Cabang  Klaten demisioner  mengungkapkan bahwa pesta  siaga ini pembiayaannya dilakukan secara gotong royong.  Yang dimaksud gotong royong seluruh kwartir cabang  se  Solo Raya ikut menyokong pendanaan untuk suksesnya pesta siaga.   Menurut Anang Widayaka pesta siaga ini rutin tiap tahun.  Nantinya yang akan maju ke tingkat  Provinsi Jawa Tengah sebanyak 4 barung, ialah 2 barung putri dan 2 barung putra.

Nampak hadir dalam Upacara pembukaan pesta siaga antara lain Muspika Jogonalan, pengurus Kwarda Provinsi  Jawa Tengah, Pengurus Kwartir Cabang Klaten, dan tamu lainnya.  Sebelum dimulai upacara pembukaan Pesta Siaga se-Binwil Surakarta (Solo Raya) ditampilkan seni tari Lurik Asri. Penampilan 6 anak  penari lurik asri cukup memukau penonton.   Pelaksanaan pesta siaga berakhir sekitar pukul 15.30. (ksd)

Barung putri peserta pesta siaga sedang menjalankan tugas di salah satu pos warung. (p.kus)
Barung putri peserta pesta siaga sedang menjalankan tugas di salah satu pos warung. (p.kus)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru