Minggu Palma Mengawali Masuk Pekan Suci

 25 total views,  1 views today

BERITA KLATEN (BK)-Misa Minggu Palma mengawali masuk pekan suci di Gereja Katolik SPM Bunda Kristus diikuti kurang lebih 1.500 umat Katolik. Misa Minggu Palma diawali upacara liturgi sabda sebelum arakan dari selepan milik Ibu Yanti, Minggu (9/4/2017).

Misa Minggu Palma dipimpin oleh Romo Maria Emanuel Supranowo Pr. Dalam liturgi sabda dibacakan Injil suci  yang mengisahkan Yesus ketika yang dielu-elukan oleh orang Yahudi. Untuk mengenang itu setelah disampaikan kotbah singkat kemudian umat melakukan arakan dari selepan tersebut menuju gereja yang berjarak sekitar 1 kilo meter. Setelah umat memasuki gedung Gereja Katolik SPM Bunda Kristus di Paroki Wedi, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dibacakan kisah sengsara Yesus (pasio) oleh petugas.

Romo Maria Emanuel Supranowo dalam kotbahnya antara lain mengatakan Minggu Palem dimaknai atau mempunyai arti Tuhan Yesus yang muliakan, ditinggikan, dielu-elukan oleh orang Yahudi. Tetapi dalam waktu yang singkat pada hari Jumat Yesus dinistakan, ditangkap, dan akhirnya dibunuh dan disalib oleh umat Yahudi yang menjadi umat pilihan Allah.

Minggu Palma memasuki pekan suci yang tidak lama lagi masuk tri hari suci. Tri atau tiga hari suci diawali pada Kamis Putih. Jumat Agung, dan Malam Paskah, serta Minggu Paskah. Bagi Umat Katolik/Kristiani Perayaan Paskah merupakan perayaan yang diagungkan. Maka liturgi ibadahnya cukup panjang. (ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru