UNBK Di Kabupaten Klaten Sampai Hari Ke-3 Berjalan Lancar

 18 total views,  1 views today

BERITA KLATEN (BK)-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari ke-3 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berjalan lancar. Pantauan Berita Klaten di Negeri Bayat, SMA Negeri Cawas, dan SMA Negeri Ceper tidak ada gangguan berarti, Rabu (12/4/2017).

Sekolah Menengah Atas Bayat jumlah peserta UNBK sejumlah 132 siswa, jurusan IPS ada 64 siswa, jurusan IPA 68 siswa. Untuk SMA Bayat juga digabungi oleh 2 sekolah, ialah dari SMA Muhammadiyah 8 Bayat ada 13 siswa dan dari SMA Muhammadiyah Krakitan ada 2 siswa. Ada 2 ruang UNBK.

SMA Negeri Bayat  lokasinya yang berada di tengah sawah, jauh dari keramaian suasananya enak untuk belajar. Kesiapan menyelenggarakan UMBK sudah lengkap. Baik sumber daya manusia sebagai proktor dan teknisi, juga sarprasnya juga sudah ada. SMA Negeri Bayat ini kali pertama mengikuti UNBK.

Untuk SMA Negeri 1  Cawas, Kabupaten Klaten tahun 2017 ini menyelenggarakan UNBK yang ke-2. Peserta ujian ada 336 siswa. Jurusan IPA jumlahnya ada 242, dan jurusan IPS 94 siswa. Mata pelajaran pilihan bagi siswa jurusan IPA yamg dominan adalah mata pelajaran fisika. Sedangkan untuk jurusan IPS adalah mata pelajaran ekonomi. Karena jumlah siswa di SMA Negeri Cawas ada 336 maka ruang UNBK ada 3.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Cawas Sahono tiap ruang UNBK ada 40 komputer, dan dipersiapkan server cadangan ada 2. Proktor di SMA Negeri Cawas ada 4 orang, ialah Yulianto, Ayu Wardani, Kartika, dan Paryono. Sedangkan tenaga teknisi adalah Danaryudi. Untuk persiapan pelaksanaan ada kerja sama dengan Quipper yang di Yogya.

Di SMA Negeri Ceper juga kali pertama menyelenggarakan UNBK. Jumlah peserta UMBK ada 191 siswa. Menurut Kepala SMA Negeri CeperAgus Cahyono Budi S dari jumlah peserta ujian tersebut, rinciannya, jurusan IPA ada 106, sedangkan jurusan IPS ada 85 siswa. Siswa jurusan IPA mata pelajaran pilihan UNBK adalah, untuk mata pelajaran kimia 2 siswa, mata pelajaran fisika 1 siswa, lainnya mata pelajaran biologi. Sedangkan jurusan IPS dominan memilih mata pelajaran sosiologi.

Di SMA Negeri Ceper, menurut Agus Cahyono ada 2 ruang UNBK. Masing-masing ruang ada 35 komputer. Untuk server ada 3. Sebanyak 2 server aktif dan 1 server untuk cadangan. Proktor dan teknisi sudah siap.

Pantauan Berita Klaten di 3 SMA tersebut dalam pelaksanaan UNBK para siswa dipersiapkan dalam ruang tunggu sebelum masuk ruang UMBK.  Prosedur yang diberlakukan 1 jam sebelum masuk ruang UNBK harus sudah masuk ruang tunggu. Di ruang tunggu siswa diberi diberi motivasi. Ketika menumggu di ruang tunggu ada siswa yang belum hadir akan dikontak siswanya maupun orang tuanya. Ini diberlakukan selama pelaksanaan UNBK. Beberapa siswa yamg ditemui Berita Klaten merasa enak dengan UMBK, karena tidak perlu menulis tinggal klik pada maus. (ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru