Paska Erupsi Warga Desa Balerante Mendapat Pelayanan Kesehatan

 144 total views,  2 views today

BERITA KLATEN – Sekitar 300-an warga masyarakat Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah paska erupsi Gunung Merapi mendapat pelayanan kesehatan dari PT Tirta Investama yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta, Sabtu (20/2/2021).

Bhakti sosial yang dilakukan oleh PT Tirta Investama bekerja sama dengan LPTP Surakarta dilaksanakan di rumah Jainu sebagai Perangkat Desa  Balerante. Bhakti sosial pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi warga masyarakat Desa Balerante  juga melibatkan Puskesmas Kecamatan Kemalang. Sehingga dihadiri bidan desa, dokter Puskesmas Kecamatan Kemalang, dan Plt Camat Kemalang Sudiyono. Selain pejabat itu, juga ditunggui oleh Kades Balerante Sukono, serta Babinsa, Bhabinkamtib-mas Desa Balerante.

Untuk menjaga antisipasi jangan sampai terjadi kluster Covid-19 pelaksanaan bhakti sosial di Balerante tetap menjaga prosedur protokol kesehatan. Di depan rumah Jainu disediakan tempat mencuci tangan. Kehadirannya warga juga bertahap untuk tidak menimbulkan kerumunan, jaga jarak antrean juga diatur, dan warga masyarakat memakai masker.

Plt Camat Kemalang Sudiyono pada wartawan Berita Klaten.com mengatakan sangat apresiasi dan mengucapkan terima kasih pada PT Tirta Investama dan LPTP Surakarta yang telah membantu pemulihan bagi warga masyarakat Desa Balerante di Dusun Gondang, Ngipiksari, dan Sambungrejo yang terdampak erupsi Gunung Merapi. Menurut Sudiyono pelayanan pemeriksaan bagi warga di 3 dusun tersebut juga dilakukan mendatangi di rumah. Apalagi bagi ada 2 orang warga yang sakit lumpuh. Dua orang ini didatangi di rumahnya. Selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan warga,  dari perusahaan Aqua PT Tirta Investama juga memberi sembako.

“Kegiatan bhakti sosial  perusahaan Aqua PT Tirta Investama bekerja sama dengan LPTP Surakarta di Desa Balerante adalah melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi warga masyarakat Desa Balerante. Ialah di Dusun Gondang, Ngipiksari, dan Sambungrejo yang masuk kawasan  rawan bencana (KRB) tiga. Pelayanan pemeriksaan kesehatan warga selain di rumah perangkat desa Jainu, petugas dan tim kesehatan juga mendatangi warga di rumahnya. Apalagi ada 2 orang warga yang sakit lumpuh mesti didatangi. Pelayanan pemeriksaan kesehatan diperuntukan juga bagi ibu hamil, sudah renta, dan lansia. Protokol kesehatan (Prokes) dilakukan penuh disiplin. Saya mengapresiasi pada PT Tirta Investama dan LPTP Surakarta yang peduli pada warga Desa Balerante terdampak erupsi Merapi,”tutur Plt Camat Kemalang menjelaskan. (ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru