MRI Lakukan Tanam 2000 Pohon Di Bumi Girpasang

 87 total views,  2 views today

BERITA KLATEN – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menanam 2000 pohon dan membuat instalasi biopori di Bumi Girpasang, lereng Gunung Merapi, Minggu (28/2/2021).

Bumi Girpasang yang berada di sisi selatan Gunung Merapi, Minggu pagi menjelang siang sudah dipenuhi kurang lebih 200-an orang relawan akan menanam pohon. Para relawan sejak pagi sudah  ada yang berdatangan di Desa Tegalmulyo,  Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kemudian para relawan putra-putri menuju ke puncak Girpasang. Menuruni lembah yang curam, terus naik traptrap jumlahnya kurang lebih seribuan untuk sampai di Dusun Girpasang. Meskipun untuk menuju ke Dusun Girpasang cukup melelahkan, namun para relawan nampak semangat ketika menaiki traptrap tangga di Girpasang.

Setelah sampai di Dusun Girpasang, Danang selaku ketua MRI se-Solo Raya langsung mempersiapkan para relawan untuk melakukan penanaman berbagai pohon tanaman keras dan tanaman buah-buahan.  Selain menanam berbagai tanaman keras juga membuat instalasi biopori di permukaan Dusun Girpasang.

Para relawan yang tergabung MRI kemudian mulai menanam jenis tanaman keras di semua jengkal tanah yang berada di Dusun Girpasang. Bersamaan menanam pohon-pohon, para relawan juga ada yang membuat beopori untuk kesuburan tanah di bumi Girpasang. Kebersamaan para relawan MRI adalah “Menanam tanaman dengan ikhlas di Girpasang, dirawat, dan dimanfaatkan untuk selama-lamanya”.

Kegiatan peduli lingkungan hidup dengan melakukan penanaman 2000-an jenis pohon tanaman keras,  dan pembuatan instalasi biopori ini dihadiri Kepala Desa (Kades) Tegalmulyo Sutarno, dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Tegalmulyo. Selain itu juga dihadiri Plt Camat Kemalang Sudiyono, dan juga hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten Srihadi. Plt Camat Kemalang Sudiyono dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Srihadi, juga bersama Kades Sutarno juga naik tangga trap jalan kaki menuju puncak Dusun Girpasang.

Plt Camat Kemalang Sudiyono dalam sambutannya antara lain mengucapkan terima kasih kepada MRI  yang telah melakukan penanaman jenis pohon tanaman keras atau tahunan yang dapat menyuburkan tanah di Dusun Girpasang. Ini dapat memelihara air di Girpasang, dan menjaga keseimbangan udara di Girpasang.

Kepala Dinas Lingkugan Srihadi,  dalam sambutannya antara lain mengatakan penanaman  berbagai tanaman  keras dan buah-buahan merupakan bentuk kepedulian bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Adanya tanaman keras juga untuk menjaga struktur tanah dan keberadaan sumber mata air.

“Mari kita jaga bersama lingkungan hidup. Dan perlu kita lestarikan lingkungan Dusun Girpasang. Adanya tanaman keras atau tanaman tahunan dapat menjaga struktur tanah.  Beberapa tumbuhan  jenis tanaman keras termasuk tanaman buah dapat melestarikan lingkungan hidup,”tutur Srihadi. (ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru